Sabtu, Oktober 5

Jakarta

Akun dan channel resmi di WhatsApp selama ini memiliki centang hijau sebagai tanda verifikasi keasliannya. Kini tanda verifikasi itu mulai berubah menjadi centang biru, jadi jangan sampai keliru.

Perubahan ini dilaporkan oleh WABetaInfo yang menemukannya di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.14.18. Jadi tanda verifikasi centang biru sudah bisa dilihat oleh segelintir beta tester yang mengunduh WhatsApp beta versi terbaru.

Bisa dilihat di screenshot di bawah ini, tanda verifikasi yang ada di samping nama channel WABetaInfo berubah menjadi biru. Centang biru juga akan diberikan untuk akun resmi dan bisnis yang sudah terverifikasi.


Perlu dicatat bahwa centang biru masih menandakan keaslian sebuah akun WhatsApp, sama seperti centang hijau saat ini. Jadi jangan sampai keliru kalau perubahan ini sudah resmi diumumkan untuk pengguna.

Tanda verifikasi di WhatsApp berubah jadi centang biru Foto: WABetaInfo

Centang verifikasi ini memberikan kepastian kepada pengguna bahwa mereka sedang berinteraksi dengan channel atau akun bisnis yang resmi. Di saat banyak penipuan di WhatsApp yang mengatasnamakan institusi seperti bank, centang verifikasi ini sangat berguna untuk membedakan akun asli dan penipu.

Belum diketahui apa alasan WhatsApp dan Meta mengganti warna centang verifikasi. Mungkin mereka ingin menyamakan identitas visual di semua aplikasi Meta karena Instagram dan Facebook juga menggunakan centang biru untuk tanda verifikasi.

Warna centang biru yang familiar juga kemungkinan akan meningkatkan kepercayaan pengguna karena warna itu sudah terkait dengan keaslian dan keamanan di seluruh ekosistem Meta, seperti dikutip dari WABetaInfo, Jumat (5/7/2024).

Perubahan warna centang verifikasi dari hijau menjadi biru dilaporkan tidak lama setelah WhatsApp merilis layanan Meta Verified untuk akun bisnis di platform-nya. Layanan ini memungkinkan akun bisnis mendapatkan tanda verifikasi dan berbagai fitur lainnya.

Centang biru untuk channel dan bisnis yang sudah terverifikasi sudah tersedia untuk beberapa beta tester. Fitur ini akan bisa diakses lebih banyak pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu ke depan.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version