Minggu, September 8

Jakarta

Setelah setahun hadir di perangkat iOS, WhatsApp dilaporkan akan meluncurkan fitur transkripsi pesan suara di Android.

Hal tersebut berdasarkan laporan dari TheSpAndroid yang dilansir detiKINET dari Android Headlines, dalam penelusurannya di APK.

Potongan kode tersebut juga menyebutkan bahwa pengguna harus mengunduh data tambahan sebesar 150MB untuk mengaktifkan fitur tersebut.


Fitur pesan suara telah menjadi bagian dari WhatsApp, menjadi cara cepat dan mudah bagi pengguna untuk menyampaikan pesan tanpa harus mengetik. Namun terkadang pihak penerima pesan tidak dapat mendengarkan jelas pesan tersebut. Demikian fitur transkripsi pun akan sangat berguna.

Transkrip WhatsApp, yang sudah tersedia di iOS sejak Mei 2023, menyalin pesan suara yang dikirim pengguna. Hal ini bekerja dengan menggunakan fitur pengenalan suara ponsel. Sebagai contoh, agar fitur ini dapat berfungsi di iOS, pengguna perlu mengaktifkan panggilan bangun “Hey Siri”.

Apa yang dilakukannya adalah mendengarkan pesan suara, dan kemudian mengeluarkan versi tertulis dari pesan suara tersebut dengan kemampuan terbaiknya.

Seperti fitur-fitur lainnya di WhatsApp, fitur transkirp suara ini sudah mendukung enkripsi end-to-end. Transkrip pesan suara memungkinkan pengguna untuk membaca apa yang akan mereka dengar sebelum menekan tombol play. Ini juga membantu ketika pengguna berada di area di mana mereka tidak dapat memutar pesan suara.

Transkripsi pesan suara bukanlah sesuatu yang baru. Aplikasi perpesanan saingannya, Telegram, yang sering disebut-sebut sebagai alternatif yang lebih baik, juga memiliki fitur transkripsi suara.

Namun, Telegram hanya mengizinkan penggunaan fitur ini tanpa batas untuk pengguna yang membayar. Selain Telegram, Google Messages juga memiliki transkripsi pesan suara. Transkripsi WhatsApp di Android pada akhirnya akan menempatkan versi Android pada posisi yang lebih setara dengan para pesaingnya.

Seperti yang dicatat oleh TheSpAndroid, fitur ini mungkin akan dapat diakses dengan cara yang sama di iOS. Yaitu, di bawah Pengaturan > Obrolan. Selain pembaruan terbaru, transkripsi WhatsApp di Android akan sangat meningkatkan pengalaman pengguna.


Simak Video “WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Transfer File ala Quick Share
[Gambas:Video 20detik]

(jsn/afr)

Membagikan
Exit mobile version