Rabu, Oktober 16

Jakarta

Perkembangan teknologi bak dua mata pisau. Kehadirannya membuat aktivitas banyak terbantu, tapi di sisi lain kecanggihan teknologi membuat modus penipuan kian marak terjadi, khususnya di sektor keuangan.

Para pengguna dompet digital pun kerap menjadi target oknum penipu. Modusnya beragam, salah satunya penipuan dengan modus link palsu pemulihan akun DANA.

Dalam melancarkan aksinya para penipu tak bertanggung jawab ini akan mengarahkan calon korban untuk mengklik ‘link palsu’ dengan alasan akun DANA dibekukan. Padahal hati-hati jika di-klik, tautan tersebut justru bisa mencuri data pribadi dan menyedot saldo DANA kamu.


Melihat banyaknya penipuan yang terjadi, DANA mengimbau penggunanya untuk lebih waspada. Jangan sampai menjadi korban jebakan badman!

Nah, berikut tips #AwasJebakanBadman agar terhindar dari modus penipuan link palsu pemulihan akun DANA. Yuk simak!

1. Monitor

Sadari dan deteksi jika menemukan aktivitas mencurigakan yang menghubungi kamu. Kalau ada seseorang yang menginfokan akun DANA milikmu dibekukan, jangan langsung panik apalagi sampai mengklik tautan palsu tersebut! Ada baiknya cek terlebih dahulu kebenarannya, apakah akun DANA kamu betul-betul dibekukan atau tidak.

2. Konfirmasi

Langkah selanjutnya, segera melakukan konfirmasi untuk mengetahui keaslian link atau nomor yang menghubungimu tersebut benar dari DANA atau bukan. Caranya dengan membuka DANA Protection di aplikasi DANA, dan masukkan nomor, sosial media, atau link tersebut untuk kemudian dicek keasliannya.

3. Lapor

Jika link tersebut terbukti palsu dan bukan dari DANA yang asli, segera melapor melalui DANA Protection yang telah terhubung ke layanan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Dengan melakukannya kamu telah membantu mencegah agar penipuan berkedok link pemulihan akun palsu DANA tidak memakan korban lagi.

Foto: DANA

Nah itulah tadi tiga langkah yang bisa dilakukan oleh para pengguna DANA agar terhindar dari modus para penipu yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menjamin keamanan, pastikan hanya mengunduh DANA di penyedia aplikasi resmi. Hindari install dari link yang dibagikan di grup pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram dan lainnya.

Pengguna juga diminta untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN dan kode OTP. Jangan pernah dibagikan ke siapa pun termasuk DANA.

Foto: DANA

Biar bertransaksi makin aman tanpa cemas, pastikan mengakses informasi hanya melalui platform resmi DANA Indonesia. Adapun website resmi DANA bisa melalui link di https://dana.id, serta media sosial resmi DANA di Facebook, Twitter, dan Instagram @dana.id.

Selain itu kamu juga dapat manfaatkan layanan DIANA di aplikasi DANA atau e-mail help@dana.id.

Yuk, selalu hati-hati terhadap link palsu pemulihan akun DANA biar aman bertransaksi pakai DANA ya!


(akd/akd)

Membagikan
Exit mobile version