Selasa, Juni 25

Jakarta

Bagi pengidap edema, penting untuk menjaga pola makan. Pastikan memilih makanan yang tidak mengandung gula atau natrium berlebih karena menyebabkan pembengkakan.

Edema merupakan kondisi medis di mana terjadinya penumpukan cairan berlebih di dalam jaringan tubuh. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Mulai dari tungkai kaki, pergelangan kaki, hingga bawah mata. Kondisi ini bisa lebih parah jika pengidapnya tidak memperhatikan asupan makanan.


Dikutip dari Parade.com (18/05/24) ahli gizi Dr Nancy Bono menyarankan untuk menghindari makanan yang menyebabkan peradangan, seperti yang disarankan berikut ini:

1. Roti dan Pasta

Ilustrasi pasta. Foto: GettyImages/ TikTok @xelle.grantx

Dr Bono mengayakan bahwa makanan yang terbuat dari tepung putih, seperti roti dan pasta bisa memicu pembengkakan. Khususnya bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap gluten.

Seseorang dengan kondisi tersebut jika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten bisa menyebabkan peradangan tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan pembengkakan.

Proses pengolahan tepung putih tersebut pasti melalui penyulingan. Proses tersebut dapat menghilangkan kandungan serat. Sementara serat berperan mengatur banyak proses internal dalam organ tubuh.

2. Minuman bersoda

Makanan dan minuman tinggi gula pun dapat menyebabkan pembengkakan. Salah satu yang terparah pada minuman bersoda.

Dalam 1 kaleng berukuran 350 ml minuman bersoda, rata-rata mengandung 39 gram gula atau setara dengan 10 sendok teh gula. Tentu ini jumlah yang sangat tinggi.

Mengonsumsi gula berlebih dapat memicu peradangan pada tubuh. Berdasarkan pedoman diet orang Amerika, batas asupan gula harus kurang dari 10% dari total kalori harian.

Makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kaki bengkak ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version