Minggu, Oktober 6

Jakarta

Saat minum kopi, kamu perlu memperhatikan pendampingnya. Ada beberapa jenis asupan makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi berbarengan dengan kopi.

Menikmati kopi akan lebih enak jika dilengkapi dengan beberapa bahan pendamping. Mulai dari camilan, makanan yang enak, atau bahkan dengan beberapa bahan tertentu untuk dinikmati bersamaan.

Ternyata menurut penelitian, kopi dapat memengaruhi penyerapan nutrisi makanan jika salah konsumsinya. Hasilnya makanan yang sudah ditelan tidak akan memberikan asupan nutrisi dan mineral yang maksimal ke dalam tubuh.


Tentunya kita harus menghindari menyia-nyiakan asupan nutrisi dari makanan jika ingin tubuh tetap sehat dan bugar. Beberapa jenis makanan ini perlu dicatat dan diingat-ingat untuk tidak dikonsumsi menjadi pendamping kopi.

Baca juga: Duh! Bocah Ini Jajan Makanan Viral Hampir Rp 500 Ribu

Berikut ini 5 makanan yang tidak direkomendasikan Health (1/7) sebagai pendamping kopi:

Kopi memiliki pH asam yang tak cocok disandingkan dengan buah-buahan asam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natalya Ugryumova

1. Buah asam

Beberapa pelaku diet kerap kali berusaha menemukan asupan makanan yang minim kalori tanpa memikirkan efek sampingnya. Salah satunya dengan menganggap minum kopi hitam dan makan buah asam akan sukses menurunkan berat badan.

Faktanya kombinasi dua bahan ini malah dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan. Alasannya kopi memiliki kandungan pH asam pada 4,85 – 5,13. Artinya kopi termasuk asupan yang asam.

Ketika dikonsumsi bersama buah yang asam, maka reaksi asamnya dapat memicu terjadinya lonjakan asam lambung yang berujung pada GERD. Gejalanya akan berupa perut kembung, kepala pusing, mual, hingga sensasi seperti dada terasa terbakar.

2. Daging merah

Banyak penelitian mengindikasikan konsumsi kopi dapat menyebabkan gangguan nutrisi pada usus. Terutama penyerapan zat besi yang biasanya didapatkan dengan konsumsi daging merah.

Pada pengujian efek kopi terhadap kadar serum ferritin ditemukan bahwa tiga gelas kopi atau lebih dalam sehari dalam mengacaukan kadar zat besi di dalam tubuh. Pun konsumsinya juga menghambat penyerapan zat besi pada usus sehingga akan memicu kekurangan zat besi dalam tubuh.

Padahal zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Jika dibiarkan secara terus menerus dampaknya akan terjadi anemia dan gangguan nutrisi di dalam tubuh.

Susu dan makanan di halaman selanjutnya juga tak boleh dinikmati bersama kopi.

Simak Video “Kopi Kethip, Kebun Angker yang Disulap Jadi Angkringan
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version