Sabtu, Oktober 5

Jakarta

Di balik kelezatannya, beberapa makanan ini justru memicu gangguan kesehatan pada otak. Alhasil, kamu jadi cepat lupa dan sulit berkonsentrasi.

Pola makan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh, termasuk bagian otak. Sel saraf otak yang sehat tentu memberikan manfaat kognitif.

Menurut Medical News Today, beberapa makanan sehat untuk otak antara lain, ikan berminyak, cokelat hitam, buah berry, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


Sementara itu, ada pula makanan dan minuman yang justru mengganggu kesehatan otak. Makanan tersebut adalah makanan yang tinggi gula dan garam.

Dikutip dari Food NDTV (01/07/2024) berikut 5 makanan dan minuman yang bikin sulit konsentrasi.

1. Roti dan Kue

Roti dan kue terbuat dari tepung, karenanya makanan tersebut tinggi akan indeks glikemik. Foto: Getty Images/AnVr

Di balik rasa manisnya, makan roti dan kue bisa memberikan efek samping untuk kesehatan. Roti dan kue terbuat dari tepung, karenanya makanan tersebut tinggi akan indeks glikemik.

Menurut Neurologi Fungsional Great Lakes, tingginya indeks glikemik dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Dengan begitu, juga dapat menyebabkan penurunan gula darah secara cepat.

Kondisi tersebut dapat membuat otak kekurangan energi, sehingga membuat tubuh menjadi lelah dan berdampak buruk pada fungsi otak, sehingga tak mampu berkonsentrasi.

2. Makanan tinggi garam

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience, makanan tinggi garam dapat menyebabkan defisit kognitif. Ini terbukti setelah dilakukan penelitian pada tikus.

Peneliti menemukan bahwa efek garam bagi otak yang diberikan pada tikus menunjukkan tanda penurunan kinerja mental dan gangguan kognitif.

Meski tikus dan manusia berbeda, tetapi efek garam yang sama juga dapat dirasakan manusia. Asupan garam berlebihan dapat menyebabkan peradangan darah sehingga dapat mengganggu daya ingat dan konsentrasi jangka pendek.

Makanan yang dapat menurunkan daya ingat dan sulit berkonsentrasi ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version