Jumat, Oktober 4


Jakarta

Stasiun Tugu adalah salah satu stasiun di pusat Yogyakarta. Stasiun ini memiliki dua pintu yang berbeda fungsi, yuk kenali perbedaannya.

Stasiun Tugu atau dikenal juga sebagai Stasiun Yogyakarta menjadi salah satu pilihan bagi traveler yang ingin berkelana ke ataupun dari Yogyakarta. Pasalnya, stasiun ini berada di pusat Yogyakarta dan berada dekat dengan Malioboro.

Namun, mungkin banyak traveler yang belum tahu bahwa stasiun ini memiliki dua pintu gerbang yang difungsikan untuk kereta api dengan jurusan yang berbeda.


Warga lokal, Riki Baim, selaku pengendara ojek online menyampaikan informasi tersebut lantaran pengalaman yang unik mengantar pelancong dari pintu timur Stasiun Tugu ke pintu selatan Stasiun Tugu.

Ia yang telah dari 2017 menetap dan bekerja sebagai driver ojek online di Yogyakarta, membagikan pengetahuannya dan pengalaman uniknya di video Instagram yang diunggah Jumat (9/2/2024).

“Tadi saya dapet orderan cukup gokil karena jaraknya pendek, dari pintu timur stasiun tugu ke pintu selatan stasiun tugu,” katanya dalam video.

“Nah mungkin ini buat informasi buat wisatawan ke jogja dan menggunakan jasa PT Kereta Api dan turun di stasiun tugu ini sedikit informasi,” sambungnya.

Riki menjelaskan, bahwa Stasiun Tugu terdapat dua pintu, yakni timur dan selatan. Kendati dekat, mungkin ini bisa menyebabkan kebingungan bagi pelancong yang tak terbiasa. Adapun untuk pintu timur, diperuntukkan kereta jarak jauh.

“Stasiun Tugu ada dua pintu ya, pintu timur dan pintu selatan. untuk pintu timur sendiri khusus untuk kereta jarak jauh seperti ke Jakarta, ke Bandung, ke Surabaya, ke Malang,” jelasnya.

Sedangkan pintu selatan, kerap digunakan untuk kereta jarak dekat ataupun bagi pelancong yang baru tiba di Stasiun Tugu.

“Sedangkan pintu selatan ini bisa semua jurusan, bahkan di pintu selatan juga merupakan pintu kedatangan semua jurusan,” ucapnya.

“Nah untuk keberangkatan sendiri ada KRL jurusan Solo, ada prameks juga, dan KA YIA untuk yang di bandara dan juga semua jurusan. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman semuanya,” pungkasnya.

Nah, jadi buat para pelancong yang mudik atau bepergian ke Yogyakarta, jangan sampai salah ya!

[Gambas:Instagram]

Simak Video “53 Warga Suspek Antraks, Dinkes DIY: Harusnya Sudah Kategori KLB
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version