Minggu, Oktober 6


Jakarta

Pelancong Malaysia kesal lantaran kebijakan baru di beberapa hotel setempat yang membuat check-in lebih lama dan check-out lebih awal. Hal itu membuat beberapa pihak ingin liburan ke luar negeri.

Warga Malaysia mengeluh di X dan TikTok bahwa beberapa hotel telah mengubah waktu check-in mereka yang semula pukul 2 siang menjadi pukul 4 sore. Sementara, waktu check-out dimajukan menjadi pukul 11 pagi, yang seharusnya pukul 12 siang.

Melansir New Strait Times, mereka menyalahkan kebijakan tersebut karena secara tak langsung mendorong wisatawan lokal bepergian ke luar negeri alih-alih di negara sendiri.


Pengguna bernama Hakim H, melalui akun X-nya @netnetwok mendesak Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya untuk menyelidiki masalah ini jika mereka ingin masyarakat terus mendukung peningkatan sektor pariwisata Malaysia.

“Kementerian harus turun tangan dalam menyelesaikan masalah terkait waktu check-in dan check-out ini,” tulisnya.

“Atau haruskah kita memboikot hotel-hotel yang menerapkan kebijakan ini?” tulisnya pada Minggu (22/9).

Cuitan yang diunggah Hakim tersebut dilengkapi dengan tangkapan layar yang menunjukkan waktu check-in pada pukul 4 sore dan check-out pada pukul 12 siang di hotel yang dipesannya dari salah satu platform pemesanan perjalanan daring.

Pengguna @NoorEzatty_ mengatakan bahwa sebagian besar hotel dan apartemen memberlakukan waktu check-out pada pukul 11 pagi. Hal ini, menurutnya, membuat wisatawan terutama orang tua yang memiliki bayi seperti dirinya, merasa stres dan terburu-buru saat check-out dari penginapan mereka.

Pengguna lain @ariharosan menulis. “Saya mendesak @MyMOTAC (akun Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia) untuk memperhatikan masalah ini.”

“Sudah menjadi tantangan untuk mendorong masyarakat bepergian dan berlibur di dalam negeri, dan saya juga mengalami waktu check-out pukul 11 pagi.”

Seorang pengguna Tiktok dengan username @zettysmomlife berkomentar bahwa kebijakan tersebut tak masuk akal. Pasalnya, dengan kebijakan tersebut, wisatawan hanya memiliki waktu kurang dari 24 jam untuk menikmati fasilitas di penginapan mereka ketika diminta untuk check-in pada pukul 4 sore dan check-out pada pukul 11 pagi.

“Tidak heran banyak orang lebih suka pergi ke Thailand. Hotel-hotel di sana lebih indah, lebih bagus, dan lebih murah.”

“Dan lagi, hotel-hotel di sana menggunakan waktu standar untuk check-in pada pukul 2 siang dan check-out pukul 12 siang,” ucapnya.

Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia menanggapi permasalahan ini dalam sebuah pernyataan. Mereka mengatakan sedang memantau masalah registrasi check-in hotel di negara tersebut dan memberikan perhatian serius untuk memastikan bahwa pelaku industri bersangkutan memberikan klarifikasi.

Mereka juga mengatakan bahwa pihak kementerian menyambut baik informasi lebih lanjut dari masyarakat mengenai masalah ini, yang dapat dikirimkan melalui surat elektronik.

Kementerian juga mengimbau masyarakat untuk selalu membaca dan memahami syarat serta ketentuan yang ditetapkan hotel sebelum melakukan reservasi.

_____________

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version