Minggu, September 29


Jakarta

Masjid Istiqlal telah rampung melakukan pemotongan terhadap 72 hewan kurban hingga sore ini. Kendati demikian, masih ada warga berkumpul di Masjid Istiqlal berharap mendapat hewan kurban meski pendistribusian tak dilakukan secara langsung di lokasi.

Pantauan detikcom di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Istiqlal, Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2024), pukul 16.04 WIB, terlihat warga masih menunggu di depan gerbang. Mereka berharap mendapatkan daging kurban itu mesti tak terdaftar ke dalam data yang sudah disiapkan panitia.

Sebagian warga bahkan menuju ke samping RPH secara berbondong-bondong, petugas keamanan juga bersiaga di sana memastikan keadaan kondusif. “Harus proposal di sini, Bapak-Ibu lewat RT/RW-nya,” ujar salah satu petugas keamanan menjelaskan aturannya kepada warga.


Teriakan kesal warga sempat terdengar di sini. Mereka menyayangkan tak ada pembagian hewan kurban secara langsung.

Udah… udah… nggak usah ditungguin, nggak ada hasilnya. Laporin ke Prabowo, laporin ke Prabowo,” kata seorang warga.

Satu per satu warga memutuskan meninggalkan lokasi. Namun tak sedikit yang masih tetap menunggu di depan gerbang RPH.

Adapun pemotongan hewan di RPH Istiqlal sudah rampung dilakukan. Hanya tersisa panitia yang tengah membersihkan kawasan.

Untuk diketahui, ada 72 hewan kurban yang disembelih dan dibagikan kepada 25 ribu warga melalui Masjid Istiqlal. Adapun rinciannya, sebanyak 60 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

“Teman-teman sekalian, hari ini ada 60 ekor sapi yang masuk ke panitia, kemudian ada 12 ekor kambing dan akan didistribusikan kepada 225 proposal. Kalau dihitung, jumlah jiwanya ada 25 ribu,” kata juru bicara Masjid Istiqlal yang juga Kepala Bidang Riayah, Ismail Cawidu, di RPH Masjid Istiqlal, Juanda, Jakarta Pusat.

Adapun hewan kurban ini datang dari berbagai kalangan, di antaranya sapi berjenis Simmental dari Presiden Jokowi, sapi Limosin dari Wapres Ma’ruf Amin, sapi Brangus milik Prabowo Subianto, hingga sapi berjenis Limosin dengan bobot 1,5 ton dari Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Pendistribusian dari hewan kurban ini dilakukan memakai proposal.

Pihak Masjid Istiqlal membagikan ke RT/RW setempat, panti asuhan, rumah tahfiz, hingga pondok pesantren yang tersebar di Jabodetabek. Istiqlal tak lagi menggunakan sistem kupon bagi warga di lokasi.

Simak juga Video: Momen Saat Sapi Kurban Jokowi Berdiri Lagi Setelah Disembelih

[Gambas:Video 20detik]

(dwr/fca)

Membagikan
Exit mobile version