Senin, Oktober 28


Jakarta

Bukan hanya di Indonesia saja banyak yang tertarik dengan wisata mistis, ternyata di daratan Inggris banyak yang suka dengan wisata mistis.

Sebuah bangunan tua di wilayah Devon, Inggris telah menjadi destinasi terkenal bagi penggemar wisata mistis karena banyak terjadi penampakan hantu, termasuk sosok seorang perempuan.

Melansir The Mirror, Senin (28/10/2024) biara Buckland di Devon itu dikenal karena keindahan dan latar belakangnya yang megah. Namun, di sana juga disebut-sebut banyak penampakan dan menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi saat Halloween.


Gedung itu memang gedung tua. Di abad ke-13, gedung itu dijadikan biara. Penghuninya yang paling terkenal adalah Sir Francis Drake. Dia tinggal di Biara Buckland sejak 1500-an dan dikenal karena perannya dalam mengalahkan Armada Spanyol pada tahun 1588.

Banyak orang pada masa itu bahkan percaya bahwa Sir Francis telah membuat perjanjian dengan iblis. Kemudian, pada 1596 saat penyerbuan di Panama, Sir Francis jatuh sakit karena disentri. Menjelang akhir hayatnya, ia memerintahkan agar genderang yang selalu menyertainya dibawa kembali ke Buckland Abbey.

Ia bersumpah bahwa jika Inggris berada dalam bahaya, seseorang harus menabuh genderang tersebut dan ia akan kembali untuk membela negara. Menurut cerita yang beredar di sana, genderang tersebut pernah terdengar saat perang terjadi pada 1939.

Beberapa orang juga mengaku telah melihat sosok Sir Francis melintasi Dartmoor dengan kereta hitam yang ditarik oleh kuda tanpa kepala, dikejar oleh sekawanan anjing pemburu dan 12 makhluk aneh. Cerita itu menyebutkan bahwa anjing pemburu tersebut sedang mencari jiwa bayi yang belum dibaptis, dan setiap anjing yang menggonggong saat itu akan langsung mati seketika.

Aktivitas mistis lainnya yang dilaporkan di Biara Buckland adalah penampakan para biarawan yang berjalan di tangga yang dibangun setelah mereka tinggal di biara itu. Para biarawan juga sering terlihat di Aula Besar yang dulunya merupakan pusat biara.

Selain itu dari cerita yang beredar, terdapat penampakan seorang wanita berpakaian anggun yang mirip dengan Elizabeth Beatrice Drake (Lady Seaton), mantan penghuni yang merestorasi kapel biara pada tahun 1920-an.

Manajer operasional Buckland Abbey, Eleanor Hopkinson, menyatakan bahwa ada beberapa laporan tentang kejadian aneh yang terkait dengan Lady Seaton. Misalnya ia menceritakan terdapat kelopak bunga terlihat muncul di lantai atas Galeri Panjang. Meskipun telah dibersihkan, kelopak bunga tersebut terus muncul kembali meskipun tidak ada rangkaian bunga di sana.

“Saat pertama kali bekerja di sini, saya merasa gedung ini ‘tak menerima saya’. Tetapi setelah bekerja cukup lama di sini, gedung ini sepertinya sudah menerima saya. Saya rasa gedung ini tahu bahwa kami ada di sini untuk menjaganya, ada hal-hal aneh yang terjadi, tetapi tidak ada yang terasa jahat,” ungkap Eleanor.

Kemudian, penulis buku ‘Britain’s Ghosts: A Spine-chilling Tour of Our Most Haunted Places’, Anna Grove, mengungkapkan bahwa banyak orang yang tertarik bangunan-bangunan tua yang memiliki nilai sejarah. Tapi bukan hanya itu, lebih lanjut ia mengatakan kebayakan orang termasuk dirinya senang untuk mengulik cerita seseorang yang pernah tinggal di bangunan kuno tersebut.

“Banyak dari kita tertarik pada tempat-tempat yang kaya akan sejarah, struktur bangunan dan benda-benda di dalamnya dapat memanjakan mata. Tetapi yang diinginkan banyak orang, termasuk saya adalah mengetahui lebih banyak tentang orang-orang yang pernah tinggal di sana,” kata Anna.

“Itulah yang benar-benar memicu imajinasi dan respons imajinatif itulah yang menjadi dasar banyak penampakan,” dia menambahkan.

Biara Buckland terbuka untuk umum dan menawarkan berbagai hal untuk dieksplorasi, ada beberapa bagian yang bisa pengunjung rasakan pengalamannya seperti bagian lumbung besar, taman, kebun, restoran, dan toko.

Biaya masuknya adalah 15 pound sterling atau Rp 320 ribu per orang dewasa. Tetapi di tanggal-tanggal tertentu seperti 4 dan 29 November serta 1 Januari dan 15 Februari, biaya masuknya hanya 9 pound sterling atau Rp 200 ribu per orang dewasa.

Biara Bucklang juga kerap menjadi venue berbagai acara musiman, termasuk tur berpemandu ke kebun-kebun di sana, memasak ala tradisional, dan pasar mini. Jika pengunjung yang berminat menghabiskan waktu lebih banyak di sana, bisa mengunjungi Cider Cottage dan menginap di The Cider House serta Starbed Hideaways.

(upd/fem)

Membagikan
Exit mobile version