Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Tutup gorong-gorong di underpass Manggarai, Jakarta Selatan, sempat rusak hingga menyebabkan kemacetan parah kemarin pagi. Warga berharap tutup gorong-gorong itu diganti dengan yang lebih kuat agar tak rusak lagi.

“Itu setiap bulan, kalau nggak setiap 2 atau 3 bulan, pasti rusak lagi, rusak lagi, karena apa? Beban kendaraan. Itu kan yang lewat busway terus, ada truk juga kalau malam. Nah, itu kesimpulan nggak kuat besinya, karena lasnya cuma tempel-tempel doang, hancur lagi, hancur lagi,” kata salah seorang sopir bajaj, Ikbal (44), di sekitar Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (6/7/2024).

Ikbal mengaku melintasi underpass Manggarai setiap hari. Dia berharap perbaikan gorong-gorong itu dilakukan secara permanen.


“Maksudnya saya itu, saya kan setiap hari lewat, kalau bisa dipermanen saja. Jangan sebentar kerja, sudah tinggal, nggak lama berapa bulan rusak lagi,” kata Ikbal.

“Kalau bisa, dibagusin lagilah, yang ngerjainnya juga kalau bisa dikerjainnya semangat lagilah, supaya nggak rusak-rusak lagi gitu. Jadi dampaknya itu macetnya luar biasa, karena jalur umum gitu. Jadi yang bawa kendaraan ngeluhnya itu lagi, itu lagi yang rusak,” imbuhnya.

Sopir bajaj lainnya, Andri (40), mengaku sering terjebak macet di underpass Manggarai akibat tutup gorong-gorong rusak. Dia berharap gorong-gorong itu diperbaiki secara permanen.

“Habis waktu juga kalau narik, bingung pokoknya, serba-salah deh, mau muter ke sana juga macet. Intinya, harapan ke depannya, yang pasti dirapiin lagi. Kalau bisa permanen, gitu, karena selama ini 2 atau 3 bulan pasti jebol lagi, jebol lagi. Harapan pengendara semua juga pasti aman ya, permanen maksudnya, biar nggak ada kemacetan,” kata Andri.

Andri mengatakan kemacetan selalu terjadi di Manggarai jika gorong-gorong itu ambles. Dia menyebut amblesnya gorong-gorong di underpass Manggarai itu sudah sering terjadi.

“2-3 bulanlah (ambles lagi). Kalau saya ya, itu belum sepenuhnya rampung ya, itu karena sebelah sininya udah mulai jebol lagi. Kalau bisa jangan setengah-setengah kalau mau dikerjain, dikerjain, diperbaiki permanen,” ujarnya.

Andri berharap perbaikan dilakukan saat malam hari. Menurutnya, pengerjaan di malam hari tak banyak mengganggu pengendara yang melintas.

Dikerjainnya malam harilah. Jadi kalau siang nggak ganggu pengendara,” ucapnya.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 11.24 WIB, gorong-gorong di underpass Manggarai, Jakarta Selatan, tak lagi ambles. Pelat besi tampak menutupi gorong-gorong tersebut.

Lalu lintas juga terpantau ramai lancar. Namun pengendara akan mengalami lekukan seperti melintasi jalan gelombang saat lewat di gorong-gorong tersebut.

Sebelumnya, kemacetan panjang terjadi di sekitar underpass Manggarai, Jakarta Selatan, pada pagi hari, Jumat (5/7). Kemacetan terjadi di Jalan Tambak hingga sekitar Stasiun Manggarai. Penyebab kemacetan adalah penyempitan jalur di underpass Manggarai imbas amblesnya pelat penutup saluran air.

Saksikan juga ‘KuTips: Bimbingan Lancar, Skripsian Tenang’:

[Gambas:Video 20detik]

(mib/haf)

Membagikan
Exit mobile version