Rabu, Oktober 9


Jakarta

Seekor buaya air asin yang terlihat cukup besar nangkring di atas tambak di Lombok. Karena keberadaannya, warga diminta untuk mengurangi aktivitas di perairan itu.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengimbau warga di sekitar Pantai Bumbung, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB, untuk menjauhi dan mengurangi aktivitas di laut. Imbauan itu menyusul penemuan buaya muara di tambak lobster di pantai itu.

“Fenomena buaya inikan bukan pertama kali muncul ini. Kemarin di Sekotong, Lombok Barat, sebelum MotoGP. Nah itu sama juga penanganan kami dengan sosialisasi ke masyarakat. Kami masih preventif lah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di laut,” kata Fungsional PEH BKSDA NTB, Gangga, kepada detikBali, Selasa (8/10/2024).


Gangga mengatakan, langkah yang dapat diambil oleh BKSDA saat ini hanya sosialisasi saja. Mereka belum bisa mengevakuasi buaya itu karena belum mengetahui habitatnya.

“Kami juga bekerja sama dengan teman-teman dari Polairud. Memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Gangga mengungkapkan belum mengetahui habitat asli buaya tersebut. Namun menurut riwayat, Pantai Lombok Tengah Selatan merupakan wilayah habitat buaya. Hal ini karena banyak pohon mangrove di sana.

“Kami belum tahu dari mana. Apakah yang dari Bangket Parak, atau dari yang lain, kami belum tahu. Itu juga menjadi alasan kami tidak bisa melakukan penangkapan,” ujarnya.

Gangga menjelaskan sampai saat ini masih memantau pergerakan buaya tersebut. Terakhir, reptil yang diperkirakan dengan panjang enam meter itu hanya terlihat pada hari Minggu (6/10).

“Jadi dia hanya keluar sebentar ini. Biasanya seperti itu. Fenomena buaya inikan dari tahun 2018. Itu kan paling dua hari, tiga hari, habis itu hilang. Nanti kapan lagi muncul lagi, misalnya di Lombok Timur di Ekas, di Pringgabaya. Cuma kami belum tahu apakah buaya yang sama atau buaya yang berbeda,” beber Gangga.

Sebelumnya, seorang nelayan bernama Suriadi dikejutkan dengan penampakan seekor buaya muara berukuran besar berjemur di keramba lobster miliknya di Pantai Bumbang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB. Buaya itu berjemur tengah hari di atas tambak.

Baca artikel selengkapnya di detikBali

(msl/msl)

Membagikan
Exit mobile version