Rabu, Oktober 2


Pattaya

Thailand memang lagi kebanjiran turis. Di sisi lain, pencopet pun makin banyak, bahkan dari berbagai negara.

Dilansir dari Vietnam Express pada Rabu (27/3) seorang turis Tiongkok dicopet saat menjelajahi pasar terapung di Pattaya. Ia melapor ke polisi setempat.

Dalam keterangannya, turis ini mengaku kehilangan dompet yang berisi 21.000 yuan (Rp 46 jutaan) dan 1.800 baht (Rp 783 ribuan).


Setelah melakukan penyelidikan, polisi menangkap 5 orang Mongolia sebagai pelaku. Mereka masuk dengan visa turis. Pemerintah Thailand kemudian mencabut visa mereka dan memasukkannya dalam daftar hitam Thailand.

“para pencopet kebanyakan beroperasi di tempat-tempat wisata yang ramai dan secara diam-diam membuka tas wisatawan menggunakan payung untuk menyembunyikan tindakan mereka,” ujar polisi.

Dari investasi, pelaku melakukan kejahatan serupa di beberapa tempat wisata, pusat perbelanjaan dan stasiun BTS Skytrain di Bangkok dan Pattaya.

Polisi melakukan operasi pencarian selama berminggu-minggu setelah laporan masuk tanggal 11 Maret. Tersangka digerebek di sebuah hotel di Bangkok pada Minggu (24/3).

Pencopet akan didakwa berdasarkan hukum pidana Thailand dengan tuduhan pencurian. Mereka terancam hukuman penjara hingga tiga tahun dan denda hingga 60.000 baht atau sekitar Rp 26 jutaan.

Simak Video “Turis ke Thailand Harus Bawa Uang Rp 6,5 Juta, RI Tak Mau Ikut-ikutan
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/wsw)

Membagikan
Exit mobile version