Minggu, September 29


Jakarta

Seorang wanita di Jepang menemukan telur ayam unik. Pada bagian kuning telurnya tidak berwarna kuning seperti umumnya, melainkan berwarna putih!

Telur ayam terdiri dari dua bagian, yakni bagian putih dan kuning. Bagian putih tersebut membentuk struktur seperti kabel dan disebut juga sebagai kalaza.

Kalaza tersebut akan membuat kuning telur (yolk) tetap berada di tengah-tengah. Warna kuning pada bagian tengah itu dihasilkan dari pigmen yang disebut karotenoid.


Namun, wanita di Jepang ini terkejut karena menemukan telur ayam yang bagian yolk-nya berwarna putih. Telur tersebut viral setelah dibagikan lewat X Tsuda Junko.

Wanita Ini Terkejut Beli Telur Ayam, Kuningnya Berwarna Putih Foto: X @tsudajunko

Dikutip dari Oddity Central (23/09/24) wanita tersebut membeli telur dari dari petani di Itoman, Jepang pada Selasa (27/08/24). Lalu, ia mengolahnya menjadi tamagokake.

Dalam unggahannya memperlihatkan sebutir telur rebus yang dibelah menjadi dua. Terlihat yolk-nya berwarna putih bersih, bahkan sama seperti bagian putih telurnya.

Junko mengatakan bahwa dirinya memang pernah mendengar bahwa memang ada telur ayam dengan yolk berwarna putih, tetapi ia tidak menyangka bahwa akan seputih itu.

Telur unik tersebut merupakan telur Shirotama yang berasal di peternakan ayam Hortikultura Nakamura di Kota Itoman, Okinawa. Itu dikenal sebagai peternakan ayam paling selatan di Jepang.

Wanita Ini Terkejut Beli Telur Ayam, Kuningnya Berwarna Putih Foto: X @tsudajunko

Dikutip dari berbagai sumber, warna putih yang tidak biasa pada bagian yolk itu disebabkan karena ayamnya diberi pakan dengan campuran nasi.

Jadi, ketika telurnya dimasak, bagian kuningnya akan berubah menjadi putih. Jenis telur ini paling sering digunakan untuk membuat omurice dan tamagoyaki putih.

Lantas, apakah telur ini bahaya jika dikonsumsi. Jawabannya adalah tidak, karena kandungan nutrisinya sama banyaknya dengan telur pada umumnya.

Dilansir dari The Spruce Eats, yolk telur memiliki berbagai warna di dunia. Perbedaan warna tersebut bergantung pada jenis pakan yang dimakan ayam.

Seperti di Afrika misalnya, di mana ayam diberi pakan sorgum dan biji-bijian. Hal tersebut membuat pigmentasi kuning yang jauh lebih sedikit daripada ayam yang diberi pakan jagung.

Dengan begitu, kuning telur yang dihasilkan berwarna lebih terang. Berbeda pula di negara Amerika, di mana kuning telur umumnya berwarna jingga darah atau hampir kemerahan. Ini karena ayamnya diberi pakan biji annatto merah.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version