Kamis, April 24


Jakarta

Pengunjung restoran memutuskan tidak memberi tip, karena pelayan lupa membuatkan pesanan. Setelah dibuatkan, malah tidak sesuai dengan ekspektasi.

Memberi tip untuk pelayan di restoran-restoran di Amerika sudah menjadi sebuah keharusan. Biasanya besaran tip yang diberikan sekitar 10-20% dari total pesanan pelanggan.

Namun, pengunjung ini bersikeras untuk tidak memberikan tip kepada pelayan, karena mereka mendapat pelayanan yang tidak memuaskan. Hal ini viral setelah dibagikan lewat TIkTok @jjsimp_.


Dikutip dari People (11/04/25) wanita bernama Jenna Simpson itu awalnya mengajak ayah dan ibunya makan di Hard Rock Casino di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat.

Ia dan ibunya memesan Espresso Martini sebagai hidangan pembuka dan salad steak sebagai hidangan utama. Kemudian, ibunya ingin memesan Chicken Fajitas seharga Rp 437.000.

Wanita Ini Tak Berikan Tip karena Dapat Pelayanan Buruk di Restoran Foto: People/Getty Images

Di buku menu, Chicken Fajitas itu disajikan dalam porsi yang besar. Karenanya ia memutuskan untuk makan bersama suaminya. Ia juga memesan Caesar Salad sebagai pelengkap.

“Pelayan juga bilang kalau menu Chicken Fajitas porsinya besar, saya bilang apakah cukup jika dimakan berdua? dan pelayan menjawab ‘tentu saja’,” ujar Simpson.

Setelah beberapa menit, mereka mulai khawatir karena tak satupun menu disajikan di meja. Akhirnya mereka memanggil pelayan untuk menanyakan kabar menu makanan yang dipesan.

Simpson mengatakan bahwa reaksi pelayan sangat terkejut, seolah mereka lupa dengan pesanan mereka. Barulah kemudian, pelayan membuatkan pesanannya yang membuat mereka kesal.

Keadaan menjadi lebih buruk ketika Chicken Fajitas disajikan. Ibunya menyadari bahwa makanan tersebut sangat berbeda dari foto di menu. Tak hanya itu, pesanan Salad Caesarnya pun tak disajikan, sepertinya pelayan lupa.

Ilustrasi menu Chicken Fajitas. Foto: People/Getty Images

“Ini bukan menu yang dipesan. Kamu bilang makanannya akan banyak? Ini sama sekali tidak seperti gambar,” ujar ibu Simpson.

Tak lama dari itu, ibunya mulai memanggil pelayan untuk menjelaskan apa saja yang salah. Namun, suasana semakin panas ketika ia memanggil manajer restoran.

Alih-alih meminta maaf, manajer tersebut justru bersikap kasar. Ia berbicara dengan nada berteriak. Karena dirasa tidak ada jalan keluar, keluarga Simpson pergi meninggalkan restoran setelah bayar pesanan.

“Semua orang di area bar menoleh, menatap kami dan tak menyangka dengan tindakan kasar yang dilakukan manajer restoran,” lanjut Simpson.

Karena pengalaman buruk tersebut, keluarga Simpson memutuskan untuk tidak memberi tip kepada pelayan. Unggahannya viral dan menyita perhatian publik.

“Stop normalisasi kasih tip ke pelayan yang buruk, tujuan tip kan bentuk apresiasi karena mereka telah melayani dengan baik,” tulis netizen.

“Ini keputusan yang bagus, tidak memberi tip kepada pelayan yang buruk,” tulis netizen lainnya.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version