Sabtu, Oktober 19


Singapura

Berbeda dengan Indonesia, Volkswagen ID. Buzz atau VW Kombi listrik yang meluncur di Singapura punya varian cargo. Mobil tersebut difungsikan sebagai kendaraan komersial yang nyaman dan ramah lingkungan.

Redaksi detikOto hadir dalam peluncuran VW ID. Buzz di Singapura. Menariknya, untuk varian cargo, unitnya dipajang terpisah di lokasi acara. Kendaraan tersebut sudah muncul duluan sebelum ‘pembukaan kain’ untuk varian lain.

Secara tampilan, VW ID. Buzz nyaris sama persis dengan varian-varian lain. Bodinya bongsor dengan desain minimalis, sementara wajahnya dirancang modern berkat headlamp yang nampak seperti terhubung, logo berukuran dominan dan gril yang berongga.


Volkswagen ID. Buzz Cargo. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

Namun, bagian dalamnya sangat berbeda dengan versi penumpang. Sebab, ID. Buzz Cargo punya konfigurasi tiga bangku di kabin dan ruang kosong yang cukup lega di bagian belakang. Ruang kosong tersebut diklaim mampu mengangkut barang bawaan hingga 710 kilogram!

Secara dimensi, ID. Buzz Cargo punya panjang 4.712 mm, lebar 1.985 mm, tinggi 1.937 mm dan jarak sumbu roda 2.989 mm. Sementara ruang kargonya punya ketinggian 1.257 mm dan lebar 1.732 mm. Kemudian panjang permukaan atau lantai kargonya mencapai 2.208 mm.

Sebagai kendaraan komersial listrik, VW ID. Buzz bukan hanya akomodatif dan fungsional, melainkan juga nyaman dan aman. Mobil listrik tersebut dibekali sejumlah fitur keselamatan seperti lane keeping assist, park distance control, automatic park collision Braking System, Attention & Drowsiness Assist, sistem ABS, Autonomous Emergency Braking Front Assist dan masih banyak lagi.

Volkswagen ID. Buzz Cargo. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

Sementara dari segi kepraktisan, pabrikan sudah membekalinya dengan pintu model geser layaknya mobil-mobil MPV premium di Indonesia. Kemudian terdapat kamera mundur, pencahayaan tambahan di cargo dan aksesori ekstra untuk menjaga agar barang yang dibawa tetap aman.

Soal hiburan, VW ID. Buzz Cargo tak bisa dipandang remeh. Mobil tersebut sudah dibekali layar sentuh canggih berdimensi 12.9 inch yang bisa dihubungkan ke ponsel melalui aplikasi Android Auto dan Apple Carplay.

VW ID. Buzz Cargo punya baterai berkapasitas 79 kwh yang diklaim mampu melaju sejauh 461 km. Sedangkan motor listriknya punya tenaga 210 kw!

Di Singapura, VW ID. Buzz tersedia dalam beberapa pilihan warna, yakni biru, kuning, jingga, hijau, silver, putih dan hitam. Konsumen setempat yang mau membelinya harus menyiapkan mahar 156.900 SGD atau Rp 1,8 miliaran!

(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version