Senin, September 30


Gunungkidul

Viral di media sosial, video dengan narasi wisatawan menemukan enam ekor anak ular laut di pantai Gunungkidul. Liburan langsung auto bubar!

Video itu diunggah di akun Instagram @merapi_uncover pada Rabu (19/6) sekitar pukul 19.45 WIB. Akun tersebut menuliskan adanya dugaan anak ular laut yang berjumlah enam ekor di salah satu pantai di Gunungkidul.

“Auto bubar Ig seru-serunya main sama anak-anak, dan ini anak ular lautnya ga cuma 1, nemuin sekitar 6 ekor di salah satu pantai Gunungkidul. kira” ular jenis ini berbahaya ga lur? 19/06/2024….” tulis keterangan di akun tersebut.


Dalam video viral itu terlihat seekor hewan yang menyerupai ular di dalam air laut. Tampak hewan tersebut berenang meliuk-liuk secara lambat.

Hewan itu tampak berwarna loreng hitam dan putih. Kemudian hewan itu bersembunyi di sebuah batu karang.

Saat dimintai konfirmasi, Satlinmas Rescue Istimewa Yogyakarta Wilayah Operasi I, hewan dalam video itu bukanlah ular.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Yogyakarta Wilayah Operasi I, Sunu Handoko menduga hewan dalam video viral itu bukanlah ular, tapi seperti belut.

“Penampakan sekilas seperti belut. Ulo iku kenceng, ora klemer-klemer mlakune (ular laut geraknya kencang, tidak lambat jalannya),” kata Sunu, Rabu (19/6) malam.

Sunu mengatakan, ular laut biasanya dijumpai saat malam hari. Ular laut biasanya berada di tengah laut dan warnanya biru atau hitam.

Lebih lanjut, Sunu menjelaskan ular laut biasanya lari saat bertemu manusia. Ular laut juga akan menggigit saat terinjak.

“Dia (ular laut) kalau ada manusia lari,” ujar dia.

Perihal hewan di video tersebut, Sunu belum bisa memastikan jenisnya.

“Kurang paham juga belut apa,” pungkas Sunu.

——–

Artikel ini telah naik di detikJogja.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version