Senin, September 30


Gianyar

Seorang pria yang diduga turis asing terekam kamera CCTV melakukan scam di sebuah toko vape di Ubud. Pria itu membawa kabur uang Rp 1,5 juta!

Video rekaman Closed-Circuit Television (CCTV) itu pun viral di media sosial. Video itu memperlihatkan pria diduga warga negara asing (WNA) sedang melakukan scam (tipuan) terhadap kasir toko rokok elektrik (vape) di Ubud.

Peristiwa itu terjadi di sebuah toko vape di Desa Adat Pengosekan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Bali pada Senin (17/6) sekitar pukul 18.30 Wita.


Pria yang diduga WNA itu diketahui membawa raib uang Rp 1,5 juta milik toko Vape tersebut. Namun, polisi belum mendapatkan laporan atas peristiwa tindak pidana itu.

“Kami belum mendapat laporan, nanti coba kami cek di mana lokasi toko vape yang dimaksud dalam video yang beredar luas itu,” ujar Kapolsek Ubud Kompol Gusti Nyoman Sudarsana.

Video tindakan scam itu viral usai diunggah akun Instagram @helloubud. Pengunggah video dalam postingan itu memberikan keterangan awalnya pria mirip orang Arab itu membawa uang kertas pecahan US$ 100.

“Saat itu, si bule beli barang cuma Rp 60 ribu, itu tembakau, terus aku tolak karena banyak nyusuin (kembalian),” tulis postingan.

Kasir lalu meminta bule itu menukar ke dalam rupiah di money changer. Setelah membayar menggunakan rupiah, di sana muncul hal mencurigakan.

Pria itu justru membawa uang segepok dari money changer. Sambil membeberkan uangnya di hadapan kasir, pria itu berusaha mengalihkan perhatian dengan menanyakan harga tembakau.

Dalam video kasir tampak memegang laci kasir sambil memberi tahu yang ditanyakan pria diduga WNA itu. Namun, ternyata dia mengambil setengah uang yang ada di kasir saat tangan kasir longgar.

“Susah menjelaskan tangannya cepat dan tidak tahu yang yang saya pegang diambilnya,” cerita korban dalam postingan itu.

Korban kasir mengaku tidak mengetahui wajah bule karena sengaja menutup dengan masker dan mengenakan kacamata hitam.

——-

Artikel ini telah naik di detikBali.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version