Jumat, Oktober 25


Jakarta

Bagi para traveler yang melintasi jalur Cianjur Selatan bisa menjumpai Curug Ceret Naringgul. Curug itu disebut-sebut kembaran Curug Embun di Lembah Anai, Sumatera Barat.

Curug Ceret Naringgul berada di Jl. Ciwidey – Cidaun, Naringgul, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur , Jawa Barat. Curug itu berada tepat di tepi jalan raya menghubungkan Bandung dengan wilayah Cianjur Selatan.

Informasi itu disampaikan oleh akun Tiktok bernama aceel.splh. Dia membagikan momen perjalanan berkendaraan yang penuh kesan saat menyusuri rute menuju Curug Ceret Naringgul. Dia menyebut selama perjalanan disuguhi pemandangan luar biasa berupa kebun teh yang hijau memanjakan mata, kesejukan alam yang begitu menyegarkan, serta jalur Naringgul yang dikelilingi oleh kabut tipis, menciptakan suasana tenang, tebing-tebing indah menghiasi sisi jalan yang mulus dan berkelok, menambah sensasi petualangan.


Nah, saat tiba di Curug Ceret Naringgul, Pesona alami air terjun ini seolah menjadi bonus yang tak ternilai bagi para pengendara yang melintasi jalur tersebut, yang auto menyejukkan hati dan pikiran.

Beberapa komentar di media sosial menunjukkan antusiasme para traveler terhadap keindahan alam di sekitar Naringgul.

“Emang secantik itu, makanya gw betah banget di rumah walau dingin, Ciwidey tuh syahdu banget,” tulisan komentar Le**.

“Kalau beruntung suka ada kabut di daerah Naringgul, makin terasa vibes-nya beda banget,” komentar Ma**.

Banyak pengendara memilih menepi sejenak, baik untuk melihat, merasakan, maupun mengabadikan momen indah di air terjun pinggir jalan ini. Pengendara pun tidak perlu bersusah payah berjalan jauh melewati hutan dan medan jalan yang berat.

Karena letaknya yang strategis, Curug Ceret Naringgul sering kali disebut sebagai “air terjun pinggir jalan”. Bagi traveler yang memiliki jadwal padat, curug ini menjadi alternatif yang sempurna untuk mendapatkan “rasa” wisata alam dalam waktu singkat.

Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan lanskap perbukitan, curug itu menjadi tempat ideal untuk sekedar beristirahat dan menikmati suasana alam. Udara sejuk pegunungan semakin menambah kenyamanan pengunjung yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

Traveler yang berkendara dan melewati curug itu bakal disuguhkan pemandangan luar biasa berupa kebun teh yang hijau memanjakan mata, kesejukan alam yang begitu menyegarkan. Komplet dengan kabut tipis, menciptakan suasana tenang, tebing-tebing indah menghiasi sisi jalan yang mulus dan berkelok, menambah sensasi petualangan.

Curug Ceret Naringgul, dengan ketinggian sekitar 30 meter, memiliki keunikan tersendiri di mana bagian bawahnya berbentuk seperti kubangan yang menahan aliran air agar tidak langsung mengalir ke jalan raya.

Namun, bagi traveler yang ingin berkunjung, sangat disarankan untuk datang pada pagi hari menikmati suasana yang tenang dan sejuk. Tetap berhati-hati karena lokasi Curug Ceret berada di pinggir jalan raya, pastikan kendaraan diparkir dengan aman, dan selalu waspada terhadap diri sendiri lalu lintas di sekitar area tersebut. Hindari berkunjung saat musim hujan karena debit air akan meningkat drastis, sehingga dapat berbahaya.

Selain itu, meski tidak ada tiket masuk, penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar curug. Buang sampah pada tempatnya dan hindari merusak alam di sekitar air terjun agar keindahannya tetap terjaga untuk dinikmati semua orang.

Curug Ceret Naringgul juga populer di kalangan pecinta fotografi. Pemandangannya yang eksotis membuatnya menjadi latar belakang sempurna untuk foto-foto alam. Aliran air yang jernih dan gemericik yang menenangkan memberikan kesan natural yang sangat indah di foto.

Pengunjung sering kali berfoto di dekat air terjun dengan latar belakang tebing-tebing hijau di pinggir jalan, mirip dengan Curug Lembah Anai di Padang Sumatera Barat, tanpa perlu perjalanan dengan medan jalur yang sulit.

(fem/fem)

Membagikan
Exit mobile version