Senin, Oktober 7


Beijing

Bagaimana rasanya duduk di toilet yang memiliki pengatur waktu? Deg-degan plus malu, tapi itulah yang dirasakan turis di tempat wisata ini.

Dilansir dari CNN pada Jumat (14/6), Gua Buddha Yungang baru-baru ini viral karena toilet wanita. Situs Warisan Dunia UNESCO itu menginstal pengatur waktu di depan pintu toilet.

Seorang turis terperanjat saat masuk ke dalam toilet. Ia lalu merekam keadaan dan pengatur waktu digital yang berada di sana.


Setiap bilik memiliki pengatur waktu sendiri. Saat bilik tidak berpenghuni, layar LED berpiksel menampilkan kata ‘kosong’ berwarna hijau. Jika digunakan, layar tersebut menunjukkan jumlah menit dan detik tepat setelah pintu dikunci.

Rekaman itu kemudian dikirimkan ke Xiaoxiang Morning Herald, surat kabar lokal milik pemerintah.

“Saya merasa teknologinya cukup canggih sehingga, Anda tidak perlu mengantre di luar atau mengetuk pintu kamar mandi,” kata pengunjung tersebut.

Namun ia juga merasa khawatir.

“Saya juga merasa sedikit malu. Rasanya seperti sedang diawasi,” kata pengunjung itu.

Seorang staf di tempat wisata itu menjelaskan alasan di balik pemasangan pengatur waktu di bilik toilet. Katanya pengatur waktu itu dipasang untuk mengatasi peningkatan jumlah pengunjung ke tempat wisata. Itu dimasukkan ke dalam daftar fasilitas tempat wisata.

“Pengatur waktu tidak di sana untuk mengontrol durasi penggunaan toilet. Tidak mungkin kami akan mengusir seseorang dari bilik yang digunakan. Kami tidak menetapkan batas waktu seperti lima atau 10 menit untuk penggunaan toilet,” kata si staf.

Pengatur waktu itu dioperasikan sejak tanggal 1 Mei. Salah seorang staf taman yang lain, mengatakan bahwa pengatur waktu itu digunakan untuk kenyamanan semua pengunjung.

“Beberapa pengunjung menggunakan toilet untuk waktu yang lama dan bisa jadi ada keadaan darurat,” ujar dia.

Beberapa netizen di platform mikroblog populer Weibo mendukung fitur pengatur waktu baru tersebut. Mereka mengatakan bahwa fitur akan mencegah pengunjung untuk duduk dan sibuk main handphone saat berada di bilik.

“Tempat wisata bukanlah kantor, siapa yang akan menghabiskan waktu mereka di toilet? Apakah itu benar-benar perlu,” kata mereka.

“Mengapa mereka tidak menghabiskan uang untuk membangun lebih banyak toilet?” yang lain menimpali.

Gua Buddha Yungang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2001. Gua Buddha Yungang adalah salah satu objek wisata terbesar di provinsi Shanxi, China utara. Atraksi utama di tempat wisata ini adalah 51.000 patung yang diukir di 252 gua dan ceruk ceruk 1.500 tahun lalu.

Simak Video “Wujud Robot Mini ‘Kecoa’ yang Bisa Lakukan Penyelamatan
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)

Membagikan
Exit mobile version