Minggu, September 8

Jakarta

Umumnya orang ketakutan ketika menemukan ular apa pun. Tapi tidak dengan rombongan pemancing di Brasil ketika melihat seekor anaconda.

Jadi ceritanya rombongan wisatawan mancing menyusuri Sungai Araguaia di Goias, Brasil Tengah. Di tengah perjalanan sang pemandu melihat keberadaan anakonda yang tengah melingkar di tunggul pohon bawah air dan coba mengabdikannya.

“Saat saya merekam anaconda, dia menjauh dan saya melihat dia hendak menyerang. Saya melihat ular di tunggul pohon dan saya berkata, ‘Lihat teman-teman, ada anaconda di sana, saya akan memfilmkannya agar Anda dapat melihatnya.” ujar Joao Severino dilansir dari New York Post.


Benar saja dalam hitungan sekejap, anaconda menyembul keluar dari air dan menggigit pemandu. Tapi tak lama kemudian ular tersebut kembali ke dalam air. Dan percaya atau tidak, dalam video yang viral di medsos kamu dapat mendengar para wisatawan tertawa di latar belakang.

Untungnya, gigitan anaconda tidak cukup menembus kulit sang pemandu. Dia juga malah ikut menertawakan serangan itu.

Meski makhluk ini sangat besar, ahli biologi Edson Abrao mengatakan anakonda tidak berbisa. Namun hewan reptil ini sangatlah kuat.

“Mereka tidak berbisa tetapi mereka sangat kuat, salah satu ular paling lincah yang ada di bawah air. Mereka adalah hewan yang membunuh mangsanya di bawah air.” ujarnya.

Abrao menambahkan, meski serangan Anaconda terhadap manusia jarang terjadi, namun mereka akan menyerang kapan pun merasa terancam.

Anakonda bersifat konstriktor, artinya mereka membungkus mangsa pakai tubuh berototnya dan meremas hingga mati lemas. Makanan utama mereka adalah hewan air, seperti ikan, kura-kura, dan caiman, namun juga diketahui memangsa mangsa yang lebih besar seperti rusa dan babi hutan.

Ular besar ini ditemukan di dekat sumber air seperti sungai, rawa, dan rawa, dan merupakan perenang yang sangat baik, mampu bertahan di bawah air hingga 10 menit. Mereka juga dikenal karena kemampuannya untuk berbaur dengan lingkungan sekitar, berkat warna coklat kehijauan dan pola bintik hitam serta tanda di sepanjang tubuhnya.

Seekor anakonda mampu tumbuh hingga panjang hingga 10 meter, berdiameter 25 sentimeter. Bobot ular ini bisa mencapai 226 kilogram.

Simak Video “Spesies Baru Anakonda Ditemukan, Panjangnya Hampir 8 Meter
[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version