Minggu, September 29


Kulon Progo

Baru-baru ini, viral video dua remaja naik motor yang tiba-tiba saja menyeruduk portal Waduk Sermo di Kulon Progo. Rupanya, hal itu sudah sering terjadi.

Sejumlah akun Instagram seperti @potretkulonprogo, @kotawates, @panoramakulonprogo hingga @kulonprogobinangun_ ramai-ramai membagikan video pemotor nabrak portal pada Senin (17/6/2024) lalu.

Di akun @kulonprogobinangun, video ini sudah ditonton sebanyak 179 ribu kali. Sedangkan di akun @kotawates, jumlah penontonnya menembus 514 ribu kali.


“Kejadian lagi, nabrak portal jalan Waduk Sermo. Semoga anak yg dibonceng tengah gak apa-apa…,” tulis akun @kotawates, seperti dilihat detikJogja, Rabu (19/6) petang.

Tercatat sudah beberapa kali portal yang terpasang di jalur masuk waduk Sermo itu memakan korban, terutama para pengendara motor.

Pengawas Waduk Sermo, Novika Prabowo, membenarkan adanya insiden viral itu. Dia menjelaskan peristiwa ini terjadi pada Senin (17/6) pagi.

“Saya kebetulan tidak memonitor secara langsung. Hanya dapat laporan adanya kejadian tersebut. Kejadiannya Senin pagi mas, pas ada acara salat Idul Adha,” ucap Novika saat dihubungi.

Novika mengungkap peristiwa seperti itu bukanlah yang pertama. Pihaknya mendapat sejumlah laporan terkait kejadian serupa di lokasi yang sama.

Rentetan kejadian itu berlangsung saat portal masih berwarna hitam putih. Oleh karenanya pihak pengelola mengganti warna menjadi hitam kuning dengan harapan pengendara bisa lebih waspada, tapi ternyata upaya ini tak membuahkan hasil.

“Iya mas, sudah kami bikin jadi warna yang mencolok, bahkan di depan sudah ada rambu-rambunya juga. Tapi ya begitulah,” ujarnya.

Sering Kecelakaan, Jalan Bakal Ditutup

Novika menyebut bakal menutup permanen jalur yang diportal di Waduk Sermo dan ditambah papan pengumuman baru. Pihaknya juga mengimbau pengunjung agar lebih berhati-hati dan memperhatikan rambu yang terpasang di sekitar lokasi itu, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Ya kalau dari kami hanya mengimbau kepada setiap pengunjung dan para pengendara untuk lebih memperhatikan rambu yang ada, biar nggak ada kejadian kaya gini lagi,” ujarnya.

Portal Waduk Sermo baru terpasang dua tahun terakhir. Portal ini digunakan untuk menutup akses kendaraan yang hendak masuk ke Waduk Sermo lewat area bendungan, karena aksesnya sudah dipindah melalui jalan baru.

Pengoperasian portal Waduk Sermosendiri menggunakan mekanisme buka tutup sesuai jam yang berlaku. Portal ini hanya dibuka pada pukul 18.00-07.00 WIB, dan ditutup pukul 07.00 -18.00 WIB.

——-

Artikel ini telah naik di detikJogja.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version