Rabu, Oktober 2


Jakarta

Partai NasDem telah memutuskan pimpinan fraksi di DPR periode 2024-2029. Viktor Laiskodat ditunjuk menjadi Ketua Fraksi NasDem DPR RI.

Susunan itu dibacakan oleh anggota DPR Fraksi NasDem Nafa Urbach dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Nafa menyampaikan susunan pimpinan fraksi telah diputuskan setelah rapat konsultasi pimpinan.

“Berdasarkan keputusan partai NasDem, dan sesuai dengan rapat konsultasi pimpinan maka diputuskan bahwa nama-nama fraksi Partai NasDem, jumlah anggota fraksi 69 anggota fraksi,” ujar Nafa.


Berikut susunan pimpinan fraksi NasDem DPR RI:

Ketua: Viktor Bungtilu Laiskodat

Sekretaris: Ahmad Sahroni

Bendahara: Nafa Urbach

Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 sebelumnya resmi dilantik. Mayoritas diisi wajah lama. Ratusan legislator ini akan melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting.

Pelantikan digelar di ruang sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). Pelantikan turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto serta jajaran menteri kabinet.

Sekjen DPR Indra Iskandar membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029. Lalu 580 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota Dewan. Lalu ada penyerahan memori DPR oleh pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan berita acara serah-terima.

Simak Video ‘Anggota DPR, DPD, MPR RI Tertua dan Termuda’:

[Gambas:Video 20detik]

(fca/whn)

Membagikan
Exit mobile version