Senin, Oktober 7


Jakarta

Bukan menggunakan daging sapi atau ayam, abon dari India ini menggunakan kodok yang sudah dipanggang dan dikeringkan. Video pembuatannya bikin banyak orang mual!

Kerap disorot karena kebersihan hingga kualitas makanannya yang diragukan, makanan di India tetap eksis dan memiliki banyak penggemar. Warga di sana tampaknya sudah terbiasa dengan berbagai kombinasi makanan hingga proses pengolahan makanan yang aneh.

Seperti baru-baru ini ada food blogger asal kota Manipur di India yang buat geger dengan kreasi makanan terbarunya. Dilansir dari Mathrubhumi (05/10), akun Instagram @telien_thefoodie beberapa hari lalu mengunggah video masakannya.


Food blogger ini memang cukup aktif membagikan resep makanan sampai masakannya sehari-hari di akun Instagramnya. Namun ada satu video yang tembus 10 juta penonton dan mendapat 80 ribu likes.

Video Proses Pembuatan Abon Kodok di India Ini Bikin Orang Mual Foto: Instagram @telien_thefoodie

Video ini berisi pembuatan abon dari kodok utuh yang sudah dikeringkan. Menu ini bernama ‘Spicy Dried Frog Chutney’. Chutney atau catni ini merupakan saus berisi aneka rempah dan bumbu serta sayuran yang dihaluskan.

Chutney bisa dibilang mirip seperti sambal di Indonesia, karena sering dijadikan bumbu hingga cocolan wajib untuk berbagai makanan.

Video resep ini dibuka dengan gantungan berisi puluhan ekor kodok ukuran sedang yang sudah dikeringkan mirip seperti dendeng. Kemudian kodok-kodok kering itu dipanggang di atas wajan tanpa minyak selama beberapa menit hingga teksturnya benar-benar garing.

Video Proses Pembuatan Abon Kodok di India Ini Bikin Orang Mual Foto: Instagram @telien_thefoodie

Setelah itu kodok ditumbuk hingga halus menyerupai serat-serat daging yang mirip seperti abon. Agar rasa kodoknya tak hambar, Teliien menambahkan bawang putih, cabe, dan beberapa rempah lainnya ke dalam tumbukan.

Setelah kodok sudah menjadi abon, Telien tampak menyantapnya dengan nasi putih hangat dan tumis buncis sebagai menu makan siangnya.

Menu abon yang tak lazim ini tentunya memancing berbagai komentar berbeda dari netizen di Instagram. Ada yang mual, kehilangan nafsu makan, sampai ada yang penasaran dengan rasanya.

“Saya mual sekali melihat kodok-kodok itu dihaluskan. Bahkan untuk menyentuh layar ponsel saya saja, saya tidak berani,” komen @ab**.

Video Proses Pembuatan Abon Kodok di India Ini Bikin Orang Mual Foto: Instagram @telien_thefoodie

“Menurut saya ini salah satu video masak yang paling menjijikkan dan bikin mual yang ada di Instagram,” sambung @vin**.

“Serius ingin bertanya, apakah makan kodok itu aman? Apalagi kodok yang dikeringkan seperti ini? Saya pernah makan salad kodok di Thailand dan langsung trauma setelahnya,” curhat @nat**.

Meski video ini membuat banyak netizen mual, tapi tak sedikit netizen yang penasaran dengan rasa abon kodok ini. Beberapa menyebut tampilannya tampak enak, terutama ketika sudah menjadi suwiran abon.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version