Kamis, Oktober 17


Como

Eks bintang sepakbola Prancis Raphael Varane pensiun hanya setelah debut di Como. Varane mengaku bahwa niatnya gantung sepatu di Manchester United.

Pemenang medali juara Piala Dunia 2018 itu memperkuat MU selama tiga tahun yang naik turun. Varane berulang kali dibebat cedera meski membuat 95 penampilan di seluruh kompetisi dan memenangi Piala Liga serta Piala FA.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa kebugaran Varane tidak memungkinan bagi MU untuk menambah kontraknya. MU sendiri memiliki jadwal padat karena mengikuti empat kompetisi.


Pada akhirnya, Raphael Varane angkat kaki dari Old Trafford setelah kontraknya habis pada musim panas lalu. Varane kemudian bergabung Como, klub promosi Liga Italia, meski hanya sebentar karena memutuskan pensiun menyusul cedera berkepanjangan.

“Di awal musim terakhirku di Manchester United, aku tadinya sudah mengatakan kepada diriku bahwa aku ingin sekali pensiun di sana, memperpanjang petualanganku [di sana] sedikit lebih lama,” ungkap mantan pesepakbola berusia 31 tahun itu.

“Itu gagal terwujud dan ada banyak peristiwa di musim panas itu. Aku mencari sesuatu yang istimewa, dan begitulah aku menemukan Como. Dengan United, aku menuntaskan dengan sebuah titel juara di Piala FA, tapi aku sudah tahu bahwa rencana klub tidak cocok denganku,” lanjut Varane kepada L’Equipe.

“Como itu proyek yang menarik, meski tidak eksotis bukan soal finansial, melainkan secara kemanusiaan masuk akal, dan sampai sekarang masih mengingat aku masih akan bersama mereka. Aku juga ingin bermain hanya sekali sepekan.”

“Setelah pramusim, keluargaku seharusnya mengikutiku ke Italia tapi ketika aku cedera pada 11 Juli, aku langsung tahu karierku sudah selesai. Aku yakin dengan diriku sendiri, karena aku sudah mengantisipasinya,” Raphael Varane menambahkan.

(rin/yna)

Membagikan
Exit mobile version