Selasa, Oktober 1


Jakarta

Direktur Olahraga yang merupakan putra Angel Nieto, Gelete Nieto mengatakan, Valentino Rossi punya peran besar dalam ‘mempromosikan’ MotoGP. Bahkan, menurutnya, banyak penonton menyaksikan balap motor tersebut demi melihat The Doctor.

Gelete Nieto secara tak langsung mengatakan, Rossi telah membawa MotoGP ke ranah yang lebih pop dan umum. Intinya, berkat dia, MotoGP tak hanya disukai satu kalangan saja, melainkan banyak.

“Balap motor menjadi olahraga massal yang digemari. Valentino Rossi telah melakukan banyak hal untuk kejuaraan MotoGP. Bahkan, orang-orang yang tidak suka balap motor mau menyalakan TV (dan menonton MotoGP) demi melihat dia (balapan),” ujar Gelete Nieto, dikutip dari Motosan, Rabu (26/6).


Valentino Rossi Foto: Doc. Yamaha Racing

Hal senada juga disampaikan Carlos Ezpeleta selaku Direktur Dorna Sports. Dia mengatakan, setiap kompetisi pasti punya jagoan. Khusus untuk MotoGP, tokoh utamanya merupakan Valentino Rossi.

“Setiap olahraga besar pasti punya sosok hebat yang dikagumi banyak orang. Di MotoGP, kami sangat beruntung pernah memiliki pebalap ikonik selama beberapa dekade terakhir, Valentino tentu saja salah satunya,” ungkap Ezpeleta.

Bahkan, Ezpeleta tak sungkan mengakui, Rossi lebih ‘besar’ dari MotoGP. Dia sampai kesulitan menemukan kata yang tepat untuk menyampaikan rasa terima kasih.

“Rasanya sulit menemukan kata yang tepat untuk berterima kasih kepadanya. Untuk seluruh jasa-jasanya, Valentino sudah melampaui (lebih besar) dari olahraga itu sendiri,” kata dia.

Sebagai catatan, Rossi telah berkarier selama 26 tahun di kejuaraan balap motor. Eks rider berkebangsaan Italia itu sudah mengoleksi sembilan gelar juara dari seluruh kelas kompetisi. Sementara tujuh gelarnya diraih di kelas premier atau MotoGP.

Sepanjang kariernya, Rossi telah menjalani 431 balapan. Selama itu, dia sukses meraih 115 kemenangan, 235 kali podium, 65 kali pole positions, dan 96 kali fastest lap.

(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version