Rabu, Oktober 2


Jakarta

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengenalkan teknologi YECVT (Yamaha Electric Continously Variable Transmission) di NMax baru. Lantas, akankah teknologi yang dalam bahasa marketing disebut ‘Turbo’ itu akan disematkan di model-model lain?

Antonius Widiantoro selaku Deputy GM Marketing & Public Relations PT YIMM menegaskan, pihaknya belum berencana memasangkan teknologi ‘Turbo’ di model motor lain. Namun, bukan berarti peluangnya tertutup di masa depan.

“Kita belum ada rencana saat ini, kita membuat teknologi YECVT pada NMax karena momennya pas karena reputasi NMax juga bagus. Tapi kita akan lihat respons marketnya seperti apa,” ujar Anton saat ditemui di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Yamaha Nmax Turbo Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

Anton menegaskan, memasang teknologi ‘Turbo’ di motor matik 155cc merupakan keputusan yang tepat. Namun, saat ini pihaknya masih ingin fokus ke Yamaha NMax baru.

“Kita pertimbangkan jika ada permintaan dari konsumen, membuat motor kan tidak hanya dari kemauan Yamaha tetapi juga ada masukan konsumen,” ungkapnya.

Lebih jauh, Anton menegaskan, pihaknya tak berencana mematenkan nama ‘Turbo’ untuk produk sepeda motor di Indonesia. Sebab, meski hanya Yamaha yang saat ini menggunakan embel-embel Turbo, namun istilah tersebut tidak benar-benar baru.

“Sebenarnya ini kan teknologi common atau umum, jadi kita hanya membenamkan teknologi ini di YECVT. Teknologi ini kan bukan hanya Yamaha saja yang menggunakan,” kata Anton.

Mengenal Turbo di Motor Yamaha

Berbeda dengan turbo di mobil yang memanfaatkan gas buang, pada Yamaha NMax baru, akselerasi datang dari teknologi YECVT. Jadi ada bantuan motor listrik pada transmisinya untuk menggerakkan pulley depan dan menggantikan kinerja roller yang sudah ditinggalkan.

Pada Nmax Turbo ada Y-Shift yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok untuk mendahului kendaraan di depan dan melibas tanjakan.

Teknologi turbo milik Yamaha. Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

Berdasarkan pengetesan internal Yamaha, fitur Turbo ini bisa berakselerasi dari titik nol ke 100 meter bisa diraih dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya memakan waktu 7,43 detik.

Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

Dengan penggunaan teknologi ini, maka Nmax Turbo telah memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan dua opsi, yakni T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang.

T mode untuk commuting dan S mode untuk mode sport. Sedangkan T mode digunakan untuk di perkotaan, sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, jalan menanjak, berboncengan dan bermanuver untuk menyusul kendaraan lain.

(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version