Selasa, September 17

Jakarta

Beberapa orang langsung ingin Buang Air Besar (BAB) sesaat setelah makan. Ternyata ada alasan ilmiah di baliknya. Dokter mengatakan hal ini tidak berbahaya, tapi lebih seperti respon fisiologis.

Kebiasaan makan dan efeknya terhadap metabolisme tubuh berbeda pada setiap orang. Banyak di antaranya sering kali merasa langsung ingin BAB usai makan.

Tak jarang, mereka langsung mencari toilet, beberapa menit usai makan. Rasa mulas yang muncul seolah tak tertahankan sehingga BAB harus segera dilakukan.


Hal ini ternyata memiliki alasan ilmiah. Dr. Joseph Salhab melalui unggahan TikTok mengatakan keinginan BAB usai makan bukan kondisi berbahaya seperti Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS), tapi mungkin ada hubungannya dengan fungsi otak.

Mengutip Ladbible (19/8/2024), Dr. Salhab mengatakan penyebab ingin BAB usai makan bukan karena makanan berpindah secara instan ke seluruh saluran pencernaan, melainkan karena sinyal yang dikirimkan ke otak.

Sebagian orang merasa langsung mulas usai makan. Foto: Ilustrasi iStock

Dalam videonya, Dr. Salhab berujar, “Saat Anda makan dan merasa harus segera ke toilet setelahnya, ini disebut refleks gastrokolik.” Teori ini didukung oleh temuan National Health Service (NHS) di Inggris.

Pihak NHS menjelaskan, “Kondisi ini adalah refleks fisiologis yang terjadi sebagai respons terhadap peregangan lambung setelah makan dan masuknya produk samping pencernaan ke usus kecil.”

Menurut pakar, dalam waktu sekitar 20-30 menit setelah makan, perut yang meregang akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang. Pada momen inilah seharusnya seseorang memberi jeda.

Refleks fisiologis ini rupanya lebih kuat setelah sarapan pagi. “Meskipun perkara ke toilet setelah makan biasanya tidak menunjukkan adanya masalah internal, tapi penderita IBS lebih sensitif terhadap refleks ini,” kata Dr. Salhab.

Selain keinginan BAB, biasanya refleks fisiologis ini juga menyertakan gejala lain seperti kram perut dan bahkan diare. Menurut Dr. Salhab, bagi penderita IBS, kontraksi usus besar bisa sangat kuat.

Namun meski setiap kasus memiliki penyebab berbeda, dokter memperingatkan ada beberapa hal yang dapat memperburuk gejala pada setiap orang.

Biasanya keinginan BAB usai makan terasa semakin kuat usai mengonsumsi minuman bersoda, minuman manis, minuman keras, produk susu, makanan yang digoreng, dan beberapa jenis buah jeruk.

Keinginan BAB usai makan juga bisa dipicu hal lain. Baca halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version