Kamis, September 12


Jakarta

Ibu Kota Nusantara (IKN) akan ditutup sementara hingga September 2024 untuk kunjungan umum. Hal ini dilakukan untuk melanjutkan pembangunan di IKN oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kementerian PUPR menyampaikan masih ada 68 paket pekerjaaan dengan intensitas yang tinggi dilaksanakan secara bersamaan. Sebelumnya, menjelang peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 semua aktivitas pembangunan di IKN diberhentikan sementara.

“Usai peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024, pembangunan di IKN akan dilanjutkan kembali di mana terdapat 68 paket pekerjaan dengan intensitas yang sangat tinggi dan dilaksanakan bersamaan. Untuk itu, kunjungan umum ke IKN akan ditutup sementara,” tulis Kementerian PUPR, dikutip dari akun Instagram @kemenpupr, Jumat (23/8/2024).


Kementerian PUPR menyebut penutupan akses untuk umum itu berlaku hingga pengaspalan Jalan Sumbu Barat dan Jalan Sumbu Timur, pembangunan anjungan pengunjung, hingga area parkir selesai dibangun.

“Kunjungan umum ke IKN akan ditutup sementara hingga September 2024 atau sampai dengan selesainya pekerjaan pengaspalan Jalan Sumbu Barat, Jalan Sumbu Timur, pembangunan anjungan pengunjung, dan area parkir,” jelasnya.

Meski begitu, kunjungan kedinasan masih dapat dilakukan secara terbatas dengan beberapa syarat. Di antranya, mendapat izin tertulis dari Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN, dan/atau Kepala Balai BPPW Kalimantan, dan/atau Deputi Bidang Pengendalian dan Pembangunan IKN dan kunjungan dilakukan pada hari Kamis/Jumat.

Selain itu, jumlah pengunjung maksimal 15 orang, kendaraan maksimal 3 unit, dan memperhatikan aspek keselamatan, kesehatan, keamanan, kebersihan, dan kerapihan.

“Terkait Jalan Tol Balikpapan-KIPP yang tengah dalam masa konstruksi, untuk menjaga keselamatan dan keamanan berlalu lintas, jalan tol tersebut ditutup hingga pekerjaan konstruksi selesai,” imbuhnya.

Simak Video: Kenakan Baju Adat Kutai, Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di Istana Negara IKN

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)

Membagikan
Exit mobile version