Rabu, Oktober 2

Jakarta

iPhone 16 series membawa sejumlah peningkatan terkait baterai dan thermal, termasuk kabar kalau ponsel ini dilengkapi pengisian cepat 45W. Tapi sejumlah tes menemukan pengisian cepat di iPhone 16 series tidak sekencang rumor tersebut.

Blog ChargerLAB belum lama ini mengetes kemampuan pengisian daya iPhone 16 Pro Max menggunakan beragam charger resmi Apple dan pihak ketiga. Hasilnya, iPhone 16 Pro Max mencapai kecepatan pengisian maksimum sekitar 30W.

Di salah satu fotonya, ChargerLAB menunjukkan iPhone 16 Pro Max mencapai pengisian cepat maksimum hingga 37W menggunakan charger USB-C 140W milik Apple, tapi tidak diketahui berapa lama kecepatan itu bertahan.


PhoneArena juga menemukan hasil yang sama menggunakan iPhone 16. Dalam ulasannya, PhoneArena mengatakan iPhone 16 mencapai kecepatan pengisian maksimum 38W tapi hanya saat menjalankan fungsi berat seperti uji benchmark atau main game, seperti dikutip dari MacRumors, Selasa (1/10/2024).

Secara keseluruhan, pengisian daya iPhone 16 Pro Max memang lebih tinggi dibandingkan iPhone 15 Pro Max yang mencapai 27W. Tapi tentu saja tidak mencapai 45W seperti yang dirumorkan.

Menurut hasil tes ChargerLab, untuk mendapatkan pengisian paling cepat dapat menggunakan charger USB-C 35W dari Apple. Sedangkan untuk merek pihak ketiga bisa menggunakan charger UGREEN 65W dan Anker 65W.

Apple memang tidak pernah menyebutkan kecepatan pengisian daya iPhone 16 series, baik dalam presentasi maupun lembar spesifikasinya. Kapasitas pengisian 45W itu ditemukan di dokumen regulator China.

Apple hanya mengatakan semua model iPhone 16 bisa mengisi 50% lebih cepat dalam waktu 30 menit menggunakan charger USB-C 20W atau lebih tinggi, sama seperti klaim di iPhone 15 series.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version