Kamis, Juli 4


Banjarnegara

Jika biasanya soto disajikan di mangkuk, soto di Banjarnegara ini berbeda. Wadahnya adalah mangkuk gerabah yang akan dibakar hingga mendidih sebelum disajikan!

Di Banjarnegara, Jawa Tengah ada kreasi soto unik yang jadi menu primadona di warung di Desa Gembongan, Kecamatan Sigaluh. Keunikannya terletak pada cara penyajian soto yang disebut soto bakar.

Soto bakal disajikan di mangkuk berbahan gerabah. Setelah diguyur kuah, mangkuk itu dibakar di atas kompor hingga mendidih. Barulah soto disajikan pada pembeli.


Alhasil, kehangatan kuah soto akan bertahan sampai tetes terakhir. Selain itu, cita rasa bumbunya bakal lebih kuat.

Warung soto bakar di Desa Gembongan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Foto: Uje Hartono/detikJateng

“Kita menyajikan menu yang berbeda dari yang lainnya. Ternyata memang dengan dibakar menjadi lebih gurih. Dan kuahnya lebih awet hangatnya. Ini cocok untuk menghangatkan badan,” kata pemilik warung soto bakar, Muhammad Mistam Wijayanto saat ditemui di warungnya, Sabtu (29/6/2024).

Untuk menikmati soto bakar, pembeli bisa melengkapinya dengan aneka lauk agar lebih enak. Soto disantap bersama tempe goreng, sate telur, dan perkedel.

Ia mengatakan, untuk harga soto bakar ini masih cukup terjangkau. Mulai dari Rp 8 ribu per mangkuk hingga Rp 15 ribu per mangkuk. Tergantung varian soto yang dipilih.

“Itu tergantung mau daging ayam biasa, ayam kampung, daging sapi, babat atau iga sapi,” jelasnya.

Warung soto bakar di Desa Gembongan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Foto diunggah Sabtu (29/6/2024).Soto bakar semakin enak dimakan bersama beragam pelengkap. Foto: Uje Hartono/detikJateng

Hindun Rofika, salah satu pembeli soto bakar mengaku ada rasa unik saat menikmati soto bakar tersebut. Salah satunya adalah aroma dan rasa bumbu yang lebih terasa.

Artikel ini sudah tayang di detikjateng dengan judul “Uniknya Soto Bakar Sigaluh Banjarnegara, Cocok untuk Hangatkan Badan”

(adr/adr)

Membagikan
Exit mobile version