Jumat, Oktober 25


Malang

Kafe di Malang ini menawarkan sensasi ngopi berbeda kepada pengunjung. Saat memesan harus menggunakan bahasa isyarat karena karyawan di sini merupakan teman tuli.

Gerai Kopi Cinta yang ada di kafe dan restoran Harmoni di Jalan Bromo Nomor 44, Malang, menjadi perbincangan karena inisiatif mulianya. Mereka mempekerjakan teman-teman tulis sebagai karyawan.

Saat pesan kopi pun pembeli harus memakai bahasa isyarat. Bagi yang tidak bisa, tidak perlu khawatir karena pengelola menyediakan papan panduan untuk menggunakan bahasa isyarat.


Faris dari kafe dan restoran Harmoni mengungkap awal munculnya Kopi Cinta yaitu dari ketertarikan karyawan tuli di Harmoni terhadap kopi. Hal tersebut diterima dan diwadahi oleh pemilik kafe dan restoran Harmoni.

Panduan bahasa isyarat untuk pesan kopi. Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim

“Jadi teman-teman tuli yang sudah ada di Harmoni ini kita wadahi dan kita ajari kopi lebih dalam, kita belikan alat yang memadai, kita ajari mereka berjualan dan meng-handle bisnis Kopi Cinta ini,” kata Faris, Selasa (22/10/2024).

Soal penggunaan bahasa isyarat saat pesan Kopi Cinta itu diterapkan untuk menyesuaikan dengan barista dari rekan-rekan tuli.

“Latar belakang menggunakan bahasa isyarat karena yang menjaga adalah teman tuli. Dan dalam penjualan tidak ada yang membantu, salah satunya cara dengan menggunakan bahasa isyarat,” ungkap Faris.

Sementara itu, salah satu pembeli, Falisa mengaku senang bisa memesan kopi menggunakan bahasa isyarat. Menurutnya, ini adalah hal baru dan menarik untuk dicoba.

“Saya tahu kopi cinta ini dari teman-teman dan media sosial. Seneng sih, jadi bisa belajar bahasa baru dan nyoba minumannya,” ungkap Falisa.

Ia menilai, memesan kopi menggunakan bahasa isyarat tidak sesulit apa yang dibayangkan pada awalnya. Sebab, sudah disediakan panduan memesan menggunakan bahasa isyarat.

Seorang pelanggan mengatakan pesan kopi pakai bahasa isyarat tidak sulit. Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim

“Sebelumnya saya sudah pernah belajar, karena pernah nonton drama Korea yang mengambil tema menggunakan bahasa isyarat. Tapi ketika nyoba pesan juga gampang, karena ada panduannya,” tandasnya.

Artikel ini sudah tayang di detikjatim dengan judul “Unik! Pesan Kopi di Kafe Ini Wajib Pakai Bahasa Isyarat

(adr/adr)

Membagikan
Exit mobile version