Jumat, Oktober 25


Jakarta

Perdebatan antara vegetarian dan non vegetarian terjadi usai chef ini mengunggah foto makanan. Fotonya dianggap kontroversial karena seperti ‘memojokkan’ pemakan daging.

Gaya hidup yang dijalani setiap orang berbeda-beda. Hal ini bisa dilihat dari pola makan mereka, seperti seorang vegetarian atau non vegetarian.

Penganut vegetarian menjalani pola makan tanpa mengonsumsi makanan dari hewan, seperti daging, ikan, dan aneka seafood. Namun, vegetarian masih bisa mengonsumsi susu dan telur selama berasal dari hewan yang dipelihara dengan baik.


Tidak seperti non-vegetarian yang bebas mengonsumsi makanan apapun, terutama makanan berbahan hewani. Mereka bisa mengonsumsi daging hewan yang tersedia di pasaran.

Meskipun keduanya menjalani pola makan berbeda, tetapi biasanya akan saling menghormati. Sayangnya, unggahan chef ini telah memicu perdebatan panas di antara dua penganut pola makan tersebut.

Melalui akun X @NalinisKitchen, seorang chef sekaligus konten kreator mengunggah foto makanannya yang berisi nasi dan kacang. Memang tidak ada yang salah dengan makanan tersebut, tetapi chef itu menulis keterangan yang cukup kontroversial.

Chef ini menyatakan berapa bangganya ia menjalani gaya hidup vegetarian. Ia juga mengklaim bahwa piringnya bebas dari air mata, kekejaman, dan rasa bersalah, lapor news18.com (21/10/2024).

“Saya bangga menjadi seorang vegetarian. Piring saya bebas dari air mata, kekejaman, dan rasa bersalah,” tulisnya dalam keterangan.

Berikut unggahan cuitan dan foto chef tersebut yang telah memicu perdebatan. Foto: X @NalinisKitchen

Mungkin tidak ada niatan menyinggung, tetapi pernyataannya telah membuat banyak orang kesal. Para netizen di kolom komentar mengkritiknya karena sudah menghakimi dan tidak menghormati mereka yang memilih makan daging.

Banyak netizen menunjukkan bahwa tidak seorang pun berhak memutuskan apa yang dimakan orang lain. Beberapa orang juga memberikan komentar masuk akal dan mengungkapkan bagaimana sebuah tanaman juga bisa merasakan sakit, tidak hanya hewan.

Di sisi lain, beberapa pengguna membagikan foto piring makan mereka yang berisi berbagai hidangan daging. Hal ini dilakukan untuk membela hak mereka dalam menikmati makanan non-vegetarian.

Salah satunya pengguna dengan nama akun @sayyandutta juga menanggapi unggahan chef itu. Ia merasa tidak ada kekejaman yang timbul dengan mengonsumsi hewan. Menurutnya, setiap orang punya preferensi sendiri.

“Apakah Anda meminta hewan karnivora untuk menjadi vegetarian? Alam telah menciptakan kita semua dengan cara tertentu, mari kita hormati itu dan teruslah menjalani hidup. Kita diciptakan untuk mengonsumsi tanaman dan daging, tanaman juga makhluk hidup, ujarnya.

Di sisi lain, segelintir orang rupanya mendukung pandangannya, sekalipun tetap memberi sedikit kritik.

(Gambar hanya ilustrasi) Menurut netizen tumbuhan yang dimakan vegetarian juga merupakan makhluk hidup, sehingga tidak boleh saling menghakimi mereka yang makan daging dari hewan. Foto: Getty Images/Lakshmi3

Seperti seorang pengguna @rajblazex yang memuji piring makan Nalini karena dipenuhi dengan sayuran. Namun, ia mengingatkan Nalini terkait filosofi dari setiap sayuran tersebut yang sebenarnya juga merupakan tumbuhan hidup.

Pengguna ini mengungkap bahwa bawang bombai meneteskan air matanya sendiri karena tidak dapat tumbuh subur di tanah. Sedangkan beras didapat dari padi yang tidak bernyawa. Sedangkan kentang juga dulunya penuh harapan dan mungkin bermimpi menjadi kentang goreng.

Netizen ini bermaksud menunjukkan kepada Nalini bahwa terkadang semua orang membuat pilihan, tetapi bukan berarti orang itu selalu sempurna.

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version