Sabtu, September 28


Jakarta

Berulang tahun yang ke-74, merek goreng Barco Yang legendarIs ini mengadakan kompetisi masak. Total hadiah Yang diperdebatkan 10 finalis senilai Rp 100 juta.

Barco merupakan merek minyak goreng yang diproduksi oleh PT. BARCO. Perusahaan manufaktur pengolahan minyak nabati tersebut sudah beroperasi sejak tahun 1950.

Minyak goreng ini dikenal menyehatkan karena menggunakan bahan baku kelapa. Dalam rangka hari jadinya yang ke-74 Barco mengadakan kompetisi masak bertajuk ‘Belantara Cooking Challenge’


“Untuk menyambut ulang tahun Barco, kami mengadakan lomba memasak yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia,” tutur Henny Yuliana, Perwakilan Pimpinan Barco.

Kompetisi memasak ini diadakan di Rossy Baking Centre Gading Serpong. Foto: detikcom/Riska Fitria

Henny mengatakan bahwa kompetisi masak ini diawali dengan pengiriman video ke Instagram Barco Indonesia. Kemudian, video tersebut dikurasi hingga mendapatkan 10 besar.

Sepuluh peserta tersebut dibawa ke Jakarta untuk mengikuti tantangan-tantangan berikutnya selama tiga hari, dari 19 Juni hingga 21 Juni yang menjadi puncaknya.

Kompetisi memasak ini menggandeng 3 chef sebagai juri, yakni Chef Yongki Gunawan, Chef Vindex Tengker, dan Chef Aaron Laksana.

Tema kompetisi memasak ini juga terinspirasi dari lagu ciptaan Chef Yongki yang berjudul Belantara atau singkatan dari Belajar Masakan Nusantara.

“Belantara itu memang dari lagu saya yang saya ciptakan masa pandemi. Lagu ini bertujuan untuk mengingatkan masakan Nusantara agar tak hilang terutama di kalangan anak muda,” tutur Chef Yongki.

Para peserta yang ikut kompetisi memasak. Foto: detikcom/Riska Fitria

Para peserta ditantang untuk membuat masakan Nusantara yang ada dalam lagu Belantara. Dalam penyajiannya harus menarik tanpa mengubah cotarasa autentik.

“Penilaian dilihat dari ide original, kreativitas, presentasi, rasa, dan bagaimana bekerja dengan bersih dan finalnya ketepatan waktu karena masak dalam waktu 90 menit,” ujar Chef Vindex Tengker.

Dari 10 peserta yang telah melakukan kompetisi masak di Rossy Baking Centre Gading Serpong, telah dipilih 3 pemenang.

Juara 1 diraih oleh Qodri yang menyajikan Kari Bihun Medan dengan Bakso Goreng Dabu-dabu. Hadiah total senilai Rp 50.000.000 berupa uang tunai Rp 15.000.000, produk Oxone senilai Rp 10.050.000 dan produk Barco Rp 25.000.000.

Peserta saat memulai kompetisi memasak. Foto: detikcom/Riska Fitria

Sementara juara 2 diraih oleh Lestyorini dengan masakan Malbi Daging Sapi khas Palembang. Total hadiah yang didapat senilai Rp30.000.000 berupa uang tunai senilai Rp 10.000.000, produk Oxone senilai Rp 8.170.000, dan produk Barco Rp 12.000.000.

Dan juara 3 diraih oleh Dewi Rukmini dengan masakan Sambal Goreng Kreni Krecek Peyek Udang. Total hadiahnya senilai Rp 20.000.000 berupa uang tunai Rp 5.000.000, produk Oxone senilai Rp Rp 7.460.000, dan produk Barco senilai Rp 7.500.000.

Selain itu, pemenang juga akan mendapat ilmu dengan talkshow yang diadakan oleh beberapa pakar. Henny mengatakan bahwa talkshow ini bisa jadi bekal untuk mereka menjalankan usaha UMKM.

Hal yang sama juga disampaikan Chef Aaron. Menurutnya, kompetisi ini bisa jadi peluang untuk membuka usaha UMKM atau bahkan mengembangkan. Mengingat beberapa peserta sudah memiliki usaha UMKM.

“Ini bisa mendukung UMKM juga, karena makanan Indonesia itu maain dibumbu dan rasa yang lebih autentik, menurut saya ini bisa bersaing dengan di kancah internasional,” tutup Chef Aaron.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version