Selasa, Juli 2


Depok

Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Inovasi Science Techno Park (DISTP) menggelar pameran hasil riset dan inovasi di bidang rumpun ilmu kesehatan. UI sendiri bekerja sama dengan mitra-mitra mereka dalam pameran ini.

Bertajuk ‘The 1st UI – Health Innovation Expo’, acara ini bertujuan untuk mendorong dan mewadahi kreativitas dan inovas bidang kesehatan di Universitas Indonesia. Serta, memperkenalkan hasil-hasil penelitian yang sudah ada kepada masyarakat.

Direktur Kerja Sama Universitas Indonesia Toto Pranoto mengatakan pameran ini merupakan upaya kampus untuk berkolaborasi dengan para mitra. Serta memberikan pesan ke masyarakat terkait kesehatan.


“Juga dalam rangka membangun kolaborasi dan sinergi antara Universitas Indonesia dengan industri kesehatan dan pemangku kepentingan di sektor ini. Juga meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya kesehatan dan gaya hidup yang sehat,” ujar Toto di Balai Purnomo Prawiro UI, Depok, Kamis (27/6/2024).

Toto menambahkan, UI – Health Innovation Expo mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Tercatat hampir 900 peserta hadir dari berbagai kalangan, mulai dari dosen, mahasiswa, hingga profesional di bidang kesehatan.

UI Health Innovation Expo 2024 ini, lanjut Toto, juga akan menampilkan beberapa inovasi yang berguna untuk masyarakat. Seperti alat kesehatan canggih dan aplikasi mobile.

“Antara lain nanti kita bisa lihat tampilan dari perangkat medis yang lebih canggih dan ramah lingkungan. Kemudian aplikasi kesehatan mobile yang membantu masyarakat menjaga kesehatan,” kata Toto.

“Juga ada kaitan soal solusi inovatif untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat seperti stunting, diabetes, dan penyakit jantung misalnya,” sambungnya.

UI Health Innovation Expo 2024 ini menyediakan berbagai layanan kesehatan yang bisa dicoba oleh peserta dan pengunjung. Seperti pameran kesehatan, seminar workshop bersama para ahli, tes kesehatan gratis, kemudian bantuan pengurusan paspor dari Kantor Imigrasi Depok.

Tak hanya itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga turut hadir meramaikan UI Health Innovation Expo 2024 dengan acara ‘Kemenkes Goes to Campus’ memanggil para talenta-talenta muda untuk bergabung dengan Kemenkes.

Sebagai informasi, pameran ini digelar di Balai Purnomo Prawiro Universitas Indonesia selama dua hari, yakni 27 dan 28 Juni 2024 mulai pukul 09.00 WIB.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono yang memberikan keynote speech pada hari pertama, Kamis (27/6/2024).

(up/up)

Membagikan
Exit mobile version