Jumat, Oktober 18

Jakarta

Otoritas Persaingan Usaha Turki pada Senin (18/3) telah memberlakukan tindakan sementara terhadap Meta Platform Inc dengan tujuan untuk mencegah pembagian data antara platform Instagram dan Treads. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan persaingan usaha.

Pada bulan Desember lalu, otoritas Turki mulai melakukan investigasi terhadap induk perusahaan Facebook Meta, atas kemungkinan pelanggaran hukum persaingan usaha dengan menghubungkan platform media sosial Instagram dengan Threads yang lebih baru.

Otoritas ini mengatakan bahwa tindakan sementara akan tetap berlaku hingga keputusan akhir dibuat. Data pengguna yang diperoleh dan digabungkan kedua aplikasi ini bisa melanggar hukum persaingan usaha dan merusak pasar.


Secara terpisah, otoritas Turki juga telah mendenda Meta sebesar 4,8 juta Lira atau setara USD 148.000 per hari sebagai bagian dari investigasi terpisah atas pesan notifikasi yang dikirimkan perusahaan kepada para pengguna tentang pembagian data.

Mereka mengatakan bahwa pemberitahuan tentang pembagian data antara layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak cukup memberikan informasi kepada pengguna dan tidak cukup transparan.

Pemberitahuan tersebut juga dirancang untuk menggiring pengguna untuk menyetujui pembagian data, yang dinilai negatif terhadap upaya menciptakan persaingan usaha yang adil.

Seorang juru bicara Meta mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan keputusan tersebut dan akan menyampaikan keterangan lengkap pada waktunya, demikian dilansir detiKINET dari Reuters, Rabu (20/3/2024).

Simak Video “Penyebab Instagram-Facebook Down Bersamaan
[Gambas:Video 20detik]

(jsn/fay)

Membagikan
Exit mobile version