Senin, Oktober 14


Fukushima

Polisi Jepang memburu pelaku vandalisme kuil Tokyo yang sakral. Orang tidak bertanggung jawab ini menulis ‘toilet’ di pintu kuil.

Diberitakan ABC News, Minggu (9/6/2024) polisi Jepang mencari tersangka yang mencoret-coret pintu Kuil Yasukuni dengan tulisan ‘toilet’. Ternyata, aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pelepasan air limbah radioaktif yang diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima.

Dalam sebuah video yang viral, seorang pria China yang mengidentifikasi dirinya sebagai Iron Head mengkritik pembuangan air limbah dari pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak ke laut. Di video lain, terekam dia kencing di pilar kuil dan menggunakan cat semprot untuk menulis ‘toilet’ di kuil.


Juga, ditemukan dua lembar kertas bertuliskan ‘Orang-orang di dunia, bersatu’ dan ‘Tapi bukan kalian’ dalam bahasa China di dekat patung anjing singa penjaga di lokasi tersebut.

Polisi Jepang sedang memburu dua orang, yaitu yang muncul di video dan yang merakam. Media Jepang mengatakan polisi yakin insiden itu terjadi Jumat malam setelah kuil ditutup dan pelaku diyakini telah meninggalkan Jepang.

Namun, polisi menolak untuk mengkonfirmasi laporan tersebut.

Dalam press rilisnya ke Associated Press, Kuil Yasukuni menyesali adanya grafiti ini. Mereka mengatakan tindakan ini merendahkan martabat kuil.

Untuk mencegah hal terulang, akan terus berpatroli sehingga pengunjung dapat memberikan penghormatan di lingkungan yang tenang. Kuil Yasukuni menolak berkomentar lebih lanjut, dan mengatakan pihaknya telah melaporkan kerusakan tersebut kepada polisi dan penyelidikan sedang dilakukan.

Grafiti tersebut telah dibersihkan pada hari Senin.

Simak Video “Coretan ‘Toilet’ di Kuil Yasukuni Jepang Kini Dibersihkan
[Gambas:Video 20detik]
(sym/wsw)

Membagikan
Exit mobile version