Sabtu, Oktober 19


Jakarta

Di China, tak hanya manusia saja yang bisa kerja di kafe. Kini ada tren terbaru, pemilik anjing dan kucing mengirim hewan peliharaan mereka kerja di kafe.

Meski bukan konsep yang baru, tapi kafe dengan fasilitas bisa bermain dengan kucing dan anjing menjadi nilai tambah untuk menarik perhatian pengunjung.

Di China contohnya, kini ada tren terbaru. Kafe, gerai minuman sampai kedai kopi membuka lowongan untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Tren ini disebut juga dengan nama ‘Zheng Mao Tiao Qian’ yang memili arti mencari uang.


Lewat video yang diunggah di media sosial Douyin, banyak orang yang mempersiapkan hewan peliharaan mereka untuk bersiap-siap kerja di kafe. Konsep bekerjanya juga jelas berbeda dengan manusia. Setiap hari kucing dan anjing hanya bekerja kurang dari lima jam saja.

.

Tren Baru di China! Orang Kirim Hewan Peliharaan Mereka Kerja di Kafe Foto: Site News

Tugas mereka di sana memang untuk bermain dengan pengunjung hingga meramaikan suasana kafe tempat mereka bekerja. Selama bekerja, para hewan peliharaan ini akan mendapatkan makanan gratis, camilan hingga baju dan aksesoris sebagai upah mereka bekerja di kafe itu.

Alasan mengapa tren ini dibilang menguntungkan karena pihak kafe atau resto, tidak perlu membuang uang mahal-mahal untuk merawat kucing dan anjing yang ada di kafe mereka.

Sementara di sisi pemilik hewan peliharaan, mereka juga beruntung karena hewan mereka diberi makanan gratis sekaligus bisa menghemat listrik di rumah karena hewan peliharaan mereka bekerja.

Tren Baru di China! Orang Kirim Hewan Peliharaan Mereka Kerja di Kafe Foto: Site News

Ditambah kucing dan anjing yang bekerja di setiap kafe sukses membuat kafe jadi ramai, karena banyak pengunjung yang ingin bermain dengan mereka.

Bahkan kini tawaran pekerjaan di kafe untuk hewan peliharaan semakin banyak di media sosial China, seperti Xiahongshu.

Salah satu kafe mengunggah lowongan untuk hewan peliharaan dengan keuntungan bisa makan sepuasnya. Meski lowongan ini tampak mudah dan menyenangkan, tapi ada kriteria khusus untuk anjing dan kucing yang ingin bekerja.

Hewan peliharaan yang akan bekerja wajib terlihat lucu dan menggemaskan serta bersih. Para hewan diwajibkan memiliki karakter yang terbuka dan berperilaku baik. Para hewan ini harus terlatih agar tidak buang kotoran sembarangan.

Nantinya setiap pemilik atau pegawai kafe akan memperhatikan semua anjing dan kucing yang bekerja di sana. Para hewan ini harus saling akur selama bekerja dengan hewan lainnya.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version