Minggu, September 29


Jakarta

Jorge Martin berhasil menjuarai balap utama MotoGP Mandalika 2024 yang digelar Minggu, 29 September, di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Meski berhasil keluar sebagai pemenang, Martin sempat dihinggapi rasa trauma saat balapan. Rider asal Spanyol itu sangat takut mengalami crash di tikungan.

“Saya sangat senang dengan hasil ini. Ini bukan sekadar kemenangan jika saya berkaca dari hasil musim lalu (di Mandalika), juga yang terjadi kemarin (di sprint race). Jadi bisa tampil seperti hari ini adalah hal yang cukup sulit,” ungkap Martin saat diwawancarai MotoGP.com di arena Parc Ferme Sirkuit Mandalika, seusai balapan.


Jorge Martin berhasil menjuarai MotoGP Mandalika 2024 Foto: AFP/BAY ISMOYO

Martin menambahkan, dirinya selalu dihinggapi keraguan saat melakoni balap utama MotoGP Mandalika 2024. Ini lantaran Martin memiliki track record selalu terjatuh ketika balapan di Sirkuit Mandalika.

Diketahui Martin mengalami crash di MotoGP Mandalika 2022 dan MotoGP Mandalika 2023. Kemudian pada balap sprint MotoGP Mandalika 2024 Sabtu (28/9) kemarin, Martin juga sempat mengalami crash di tikungan ke-16 pada lap pertama. Tapi dia bisa kembali ke lintasan di finis balapan di posisi ke-10.

“Saya juga memiliki banyak keraguan pada balapan hari ini. Saya sebenarnya cukup percaya diri, tapi saya selalu kepikiran soal kecelakaan di setiap tikungan. Jadi perasaan itulah yang selalu saya rasakan sepanjang balapan,” sambung Martin.

Dikutip dari Crash, ada beberapa tikungan yang menghantui Martinator. “Setelah 13 lap, saya selalu teringat ‘hantu’ di tikungan 11, dan kemudian setiap putaran di tikungan 16. Saya berusaha sangat berhati-hati. Angin bertiup kencang dari sisi itu,” ujar Martin.

Pada akhirnya Martin bisa mempertahankan performa apiknya sepanjang balapan. Martin bahkan memimpin balapan selama 27 lap dan finis dengan keunggulan 1,4 detik dari Pedro Acosta. Martin pun kokoh di puncak klasemen sementara dengan selisih 21 poin dari Francesco Bagnaia.

(lua/rgr)

Membagikan
Exit mobile version