Minggu, Oktober 27


Jakarta

Toyota All New Crown Sport Hybrid ternyata sudah resmi mengaspal di Indonesia dan dijual oleh dealer mobil Focus Motor. Mobil ini didatangkan utuh dari Jepang dan dibanderol dengan harga yang cukup menarik.

Dealer mobil yang berdomisili di Jakarta, Focus Motor, jadi yang pertama membawa Toyota Crown Sport ini ke Tanah Air. Mereka mengklaim peminat akan mobil ini cukup spesifik, namun pecinta Toyota Crown series banyak yang mengincarnya.

“Jadi (Toyota) Crown ini adalah Crown Sport pertama di Indonesia dan baru kita doang yang masukin, yang Sport, yah,” ujar Agus Focus owner dari Focus Motor kepada detikcom.


“Peminatnya, ya mobil hobi begini peminatnya ya nggak banyak-banyak banget tapi untuk orang yang hobi sama Crown aja,” lanjut Agus.

Toyota Crown Sport Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Crown Sport ini merupakan satu dari beberapa model bodi yang Toyota garap untuk seri lini Crown. Kalau Sport mengusung bodi hatchback SUV, Toyota juga sejatinya punya yang versi klasik sedan yakni Crown hingga Crown Crossover

“Kalau Crown Sport baru pertama kali di Indonesia kita punya. Kalau Crown Sedan, Crown Crossover itu ya ada (yang juga membawa ke Indonesia). Kita (juga) udah masukin semua, cuma yang Sport ini baru pertama kali ini, yang buntung (hatchback) ini,”

Toyota Crown Sport yang dijual oleh Focus Motor adalah yang hybrid atau tepatnya disebut Sport Z. Mobil ini dilengkapi dengan mesin A25A-FXS 2.487 cc yang dikawinkan dengan motor listrik sehingga membuatnya menjadi Series Parallel Hybrid System.

Mesin bensinnya ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 183 HP dan torsi puncak 221 Nm. Lalu untuk motor listriknya diklaim bertenaga 118 HP dan torsi 202 Nm. Dengan dapur pacu sedemikian buasnya, tak heran Toyota menyematkan ‘Sport’ di namanya.

Crown Sport ini bahkan dibekali juga dengan sistem penggerak E-Four yang artinya semua rodanya bisa mengeluarkan tenaga. Kehadiran E-Four ini juga memungkinkan Crown Sport mendapat tambahan tenaga 54 HP dan torsi 121 Nm dari motor listrik yang ditanam di roda belakangnya.

Toyota Crown Sport Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Di sisi lain, Crown Sport ini juga hadir dengan pengendalian yang seharusnya sangat baik. Hal itu tercermin dari model bodinya yang agresif, aerodinamis, dan juga rendah. Dimensi mobil ini cukup moderat sebagai mobil yang premium.

Panjangnya hanya 4.720 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.565 mm dengan wheelbase 2.770 mm. Lantas untuk ground clearance-nya tercatat di angka 160 mm dan Crown Sport tipe Z dibekali dengan roda berukuran 235/45 R21.
Teknologi canggih untuk mendukung pengendara juga hadir di mobil ini. Sebut saja seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) mutakhir Toyota Safety Sense tentu menjadi fitur standar di Crown Sport.

Selain itu sistem penggerak E-Four juga dapat dipilih tergantung karakter pengendara, ada juga EV Mode, bahkan beberapa fitur khas mobil domestik Jepang terpantau ikut dibawa ke Crown Sport yang dijual oleh Focus Motor ini. Sehingga penggunanya akan dapat sambutan khas ala mobil otentik Jepang.

Dengan segala desain yang menarik, performa mumpuni, dan fitur yang lengkap, Toyota Crown Sport ini dibanderol dengan harga yang cukup rasional oleh Focus Motor. Harga Toyota Crown Sport ini mulai dari Rp 1,8 miliar OTR Jakarta.

Toyota Crown Sport Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Perlu diingat, sebagai mobil yang diimpor utuh, tentu adanya biaya pengiriman dan pajak yang tak umum membuat harga mobil ini terpaut cukup tinggi dari harga aslinya di Jepang. Dilansir dari laman Toyota Jepang, Crown Sport tipe Z berwarna Black x Mustard dibanderol 6,07 juta Yen atau setara dengan Rp 625 jutaan.

Focus Motor berkala membawa mobil-mobil Japanese Domestic Market atau mobil CBU luar negeri ke Indonesia. Sebelum Crown Sport ini, mereka juga sudah berpengalaman membawa berbagai mobil langka ke Tanah Air.

Diklaim, dalam keadaan tidak ready stock, untuk memesan Toyota Crown Sport ini membutuhkan waktu tunggu sekitar dua bulan dari pesan hingga mobil sampai ke garasi pembelinya.

(mhg/riar)

Membagikan
Exit mobile version