Minggu, September 8


Jakarta

BMW minat gabung MotoGP mulai musim 2027. Benarkah Toprak Razgatlioglu akan menjadi pebalap andalan mereka di kejuaraan dunia tersebut?

Sebagai catatan, Toprak Razgatlioglu saat ini membela tim BMW Motorrad di World Superbike (WSBK). Dia tampil cukup impresif dengan menghuni peringkat keempat klasemen sementara. Bahkan, pebalap asal Turki itu membawa timnya menang setelah 11 tahun tanpa kemenangan.

Toprak dikontrak dua tahun hingga akhir musim 2026. Namun, jika dia mampu juara, BMW kemungkinan besar akan memperpanjang kontraknya dan menggunakan jasanya di MotoGP.


“Jika saya memenangkan gelar WSBK, saya bisa membalap di MotoGP usai musim 2026 dan saya tidak menutup kemungkinan itu,” demikian ujar Toprak soal kemungkinan menjadi pebalap BMW di MotoGP, dikutip dari GPOne, Jumat (19/4).

“Jika saya pergi ke MotoGP, itu karena saya mencari tantangan yang menarik. Jelas, tidak akan mudah untuk lompat ke kejuaraan lain, tapi kita lihat saja nanti,” tambahnya.

Toprak Razgatlioglu di BMW. Foto: Doc. Matteo Cavadini / BMW Motorrad

Intinya, Toprak ingin BMW gabung MotoGP. Sebab, menurutnya, tim asal Jerman itu punya modal untuk bersaing dengan peserta lainnya.

“Saya ingin BMW tampil di MotoGP dan menurut saya itu bisa menjadi sempurna. Kami akan melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, tidak dapat dikesampingkan bahwa mereka juga bisa bertahan di Superbike,” tuturnya.

BMW Minat Gabung MotoGP

Sikap BMW terhadap MotoGP melunak semenjak mereka melakukan merger antara BMW M GmbH dan BMW Motorsport di bawah struktur BMW Motorrad pada tahun lalu. Selain itu, kehadiran Markus Flasch sebagai pimpinan perusahaan juga membuat fokus mereka mulai mengalami pergeseran.

Bahkan, Markus yang saat ini menjabat sebagai Kepala BMW Motorrad mengaku, pihaknya berminat turun ke MotoGP mulai musim 2027.

“Tahun 2027 bisa menjadi waktu yang tepat untuk terlibat di MotoGP karena ini adalah saat peraturan baru akan diperkenalkan,” ujar Flasch, dikutip dari Motosan.

Toprak Razgatlioglu di BMW. Foto: Doc. Matteo Cavadini / BMW Motorrad

Rencana perubahan regulasi menjadi salah satu alasan mengapa BMW mulai tertarik gabung MotoGP. Kabarnya, ada sejumlah aturan baru yang berlaku mulai 2027, mulai dari penurunan kapasitas mesin dari yang 1.000cc menjadi 850cc, pemakaian perangkat aerodinamika yang dibatasi, hingga penggunaan bahan bakar baru yang lebih ‘hijau’.

Kondisi tersebut, menurut Flasch, memudahkan pihaknya untuk turun ke MotoGP. Sebab, semua pabrikan punya posisi yang sama untuk memulai semuanya dari awal.

“Kami sedang berhubungan dengan Dorna dan kami sedang membicarakan regulasinya. Itu bagian dari evaluasi kami. Musim 2027 akan menjadi waktu yang tepat untuk memulai. Namun itu tidak menjadi tekanan bagi kami untuk mengambil keputusan,” kata dia.

Simak Video “BMW R12 Meluncur Perdana di IIMS 2024, Harga Rp 775 Juta
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version