Jumat, Juni 28


Jakarta

Pebalap World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu benar-benar ingin mewujudkan mimpinya untuk naik ke MotoGP. Bocorannya sudah ada beberapa tim yang mendekat!

Toprak dan manajernya Kenan Sofuoglu sedang berusaha mencari tim MotoGP. Kenan tak ingin gegabah lantaran banyak pebalap WSBK yang malah redup saat pindah ke MotoGP.

“Kami membuat keputusan bersama Kenan. Tentu saja, saya sudah mulai memikirkan 90 persen MotoGP saat ini. Kita lihat saja nanti, apakah tahun ini atau tahun 2026. Ada beberapa tim yang saya temui dan ajak bicara,” ujar Toprak dikutip dari Motosan.es, Selasa (25/6/2024).


Satu hal yang bikin terganjal adalah kontrak Toprak bersama BMW yang berdurasi dua tahun. Toprak sudah kadung ingin menjajal kompetisi balapan roda nomor wahid tersebut.

“Kami memiliki kontrak dua tahun dengan BMW dan kami ingin naik ke MotoGP pada 2025. Jadi BMW tidak senang dan saya bisa memahaminya dengan baik, tapi untuk karier saya, akan lebih baik jika saya naik ke MotoGP sesegera mungkin,” ujar dia.

Toprak sempat berpisah dengan Yamaha karena tidak kunjung diajak balapan bersama Quartararo dan kawan-kawan. Padahal pebalap Turki itu sudah diajak menjajal YZR-M1. Tapi Toprak malah hijrah ke BMW, Yamaha pada akhirnya tidak memilih Toprak untuk kelas MotoGP.

Kala itu, Toprak menyebut Yamaha tidak benar-benar ingin membawa dirinya berlaga ke MotoGP. Dia bilang Yamaha tidak mendengarkan opininya sebelum menjajal Yamaha YZR-M1, bahkan dari hal setelan posisi jok.

Pebalap kelahiran 1996 itu pasang target paling maksimal 2026 sudah bisa naik kelas ke MotoGP. Artinya saat itu umur Toprak menginjak usia yang matang bagi seorang pebalap. Toprak juga hanya ingin motor dengan dukungan spek pabrikan.

Honda dirumorkan sudah menjalin komunikasi dengan Toprak. Sementara brand lain yang juga mendekat kepada El Turco itu adalah Yamaha.

“Mereka (Yamaha) adalah salah satu merek yang sedang kami ajak bicara. Jika mereka punya tawaran dan proyek yang bagus, bisa saja ke MotoGP,” ujar Toprak.

Di sisi lain, untuk slot pebalap pabrikan tinggal Alex Rins saja yang belum perpanjang kontrak. Sementara itu, Yamaha masih mencari kandidat untuk tim satelit di musim balap 2025.

“Kenan sedang berbicara dengan tiga merek yang berbeda. Pada musim-musim sebelumnya saya mendapat tawaran MotoGP, tapi saat itu tidak terlalu serius. Sekarang mereka menginginkan saya di tim yang berbeda,” tambah dia.

(riar/din)

Membagikan
Exit mobile version