Jumat, November 29


Jakarta

Wuling mampu membuktikan akan kualitas sumber daya manusia Indonesia, dan menunjukan Indonesia pantas menjadi basis produksi industri otomotif. Untuk pertama kalinya, Wuling menukir sejarah baru, sebagai produsen China yang mampu memproduksi dan menambah ekspor di luar China untuk memenuhi pasar ASEAN.

Dalam siaran resmi Wuling dijelaskan, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) hari Rabu (27/11) kemarin merayakan pencapaian angka produksi 160.000 unit kendaraan dari pabrik Wuling Cikarang dan menandai debut ekspor Cloud EV ke pasar ASEAN.

Dikatakan momentum ini menjadi bukti komitmen nyata Wuling dalam mendukung pengembangan sektor industri otomotif Indonesia, khususnya di bidang kendaraan energi baru. Sejak memulai operasinya di Indonesia tujuh lalu, Wuling terus memperkuat posisinya sebagai brand terpercaya di pasar dalam negeri dan pemain penting dalam segmen mobil listrik.


“Angka 160.000 ini mencerminkan upaya dan eksplorasi para mitra global SGMW dalam mengejar visi ‘Membangun untuk masa depan dan memperluas sampai ke pasar internasional’. Hal ini juga menjadi bukti kuat kerjasama erat dan koordinasi tinggi antara pemerintah Tiongkok dan Indonesia sebagai pelopor ekspansi perusahaan mobil Tiongkok ke luar negeri. SGMW akan melakukan transisi global menuju elektrifikasi dan digitalisasi. Kami akan mempercepat penyempurnaan lini produk elektrifikasi di Indonesia, membangun ekosistem industri dan layanan energi baru, serta memastikan manfaat kendaraan energi baru dapat dinikmati oleh konsumen Indonesia,” jelas President Director of SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd, Lv Juncheng.

Dijelaskan sejak beroperasinya pabrik Wuling di Indonesia pada Juli 2017, Wuling telah memproduksi sembilan lini kendaraan. Mulai dari segmen kendaraan bermesin konvensional (ICE) yang terdiri dari Confero, Cortez, Almaz, Alvez. Kemudian, kendaraan hybrid yakni Almaz Hybrid. Dilanjutkan kendaraan listrik (EV) yang terbagi menjadi Air ev, BinguoEV, Cloud EV dan tidak ketinggalan Low Commercial Vehicle (LCV) yaitu seri Formo dan Formo Max. Beragam lini produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan mengedepankan perpaduan teknologi, kualitas tinggi, dan harga kompetitif.

Wuling buatan indonesia mulai di Ekspor. Foto: dok. Wuling Motors

Dalam perjalanannya Wuling mengatakan turut memberikan kontribusi yang baik terhadap industri otomotif di Indonesia berkat dukungan manufaktur yang berkualitas tinggi, rantai pemasok yang terintegrasi, jaringan 150 diler, perusahaan pembiayaan sampai dengan melibatkan tenaga kerja dalam negeri.

Komitmen Wuling terhadap keberlanjutan juga terlihat dalam upaya membangun ekosistem kendaraan listrik yang holistik. Selain berinvestasi dalam produksi kendaraan listrik, Wuling turut mendukung pengembangan infrastruktur pendukung seperti stasiun pengisian daya, melibatkan pelaku industri lokal dalam rantai pasok, dan menyediakan pelatihan bagi tenaga kerja untuk mendorong pertumbuhan industri berbasis energi baru.

“Melalui transformasi ‘Elektrifikasi dan digitalisasi’ di Indonesia, kami berharap dapat membangun rantai industri otomotif baru di Indonesia, menjadikan Wuling Indonesia sebagai pusat industri kendaraan energi baru yang melayani pasar Indonesia, ASEAN dan dunia, sekaligus memberikan dukungan industri yang kuat,” tambah Juncheng.

Ke depannya, Wuling menargetkan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan berkemudi kanan untuk kawasan ASEAN dan pasar internasional. Dengan strategi ini, Wuling berharap dapat memenuhi kebutuhan konsumen di negara-negara tetangga di kawasan ASEAN hingga negara-negara lain dengan sistem kemudi kanan. Langkah ini tidak hanya memperkuat posisi Wuling di sektor otomotif Tanah Air, tetapi juga menjadikan Indonesia sebagai pusat ekspansi produk berbasis listrik.

Wuling buatan indonesia mulai di Ekspor. Foto: dok. Wuling Motors

“Saya juga berharap PT SGMW Motor Indonesia dapat terus fokus pada target ‘berakar di Indonesia, menjangkau Asia Tenggara’, dengan terus menghadirkan model-model kendaraan laris, memperluas lini produk, mendorong penyediaan lokal untuk komponen penting seperti baterai dan motor penggerak, aktif berpartisipasi dalam penyusunan standar kendaraan energi baru, serta membuka lebih banyak pasar kendaraan setir kanan. Dengan demikian, perusahaan ini dapat berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan komunitas masa depan bersama Tiongkok-Indonesia, melalui prinsip saling menguntungkan dan berkembang bersama,” terang Director-General of Guangxi Commerce Dept, Yang Chunting.

Pada seremoni kali ini ikut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk H.E Mr. Lan Tianli (Governor of Guangxi), Saribua Siahaan (Direktur Promosi untuk kawasan Asia Tenggara, Australia, New Zealand dan Pasifik Badan Koordinasi Penanaman Modal), Mr. Lv Juncheng (President Director of SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd.), Mr. Zhong Dezhi (Secretary-General of Guangxi People’s Government), Mr. Wei Ran (Director-General of Guangxi Foreign Affairs Office), Mr. Yang Chunting (Director-General of Guangxi Commerce Dept.), Mr. Wang Weibing (Director-General of Nanning Customs), Mr. Hou Gang (Mayor and Secretary of Party Group, Nanning Municipal People’s Government), serta jajaran manajemen Wuling Indonesia.

(lth/rgr)

Membagikan
Exit mobile version