Jumat, Juni 28


Jakarta

Jerman betul-betul merasakan pengaruh dari kembalinya Toni Kroos. Ia adalah pembagi bola sejati dan mengatur permainan Die Mannschaft.

Toni Kroos sempat pensiun dari timnas Jerman pada 2021 silam. Tapi tahun ini, tepatnya Februari lalu, ia berhasil dibujuk kembali ke tim oleh pelatih Jerman Julian Nagelsmann.

Sekembalinya Kroos, timnas Jerman menjadi lebih bergairah dalam permainan. Hasil-hasil positif pun mengikuti.


Dalam enam pertandingan terakhir yang diperkuat Kroos, Jerman meraih lima kemenangan dan sekali imbang. Dua kemenangan dan satu hasil imbang didapatkan di Euro 2024.

Padahal sebelumnya, Jerman tampil medioker sepanjang 2023. Dari 11 pertandingan, hanya tiga kemenangan yang diraih dan enam lainnya berakhir kalah.

Kuatnya pengaruh Toni Kroos bisa dilihat dari statistik ini. Sepanjang fase grup Piala Eropa 2024 ini, ia sejauh ini adalah pemain dengan jumlah umpan sukses terbanyak yakni 326 kali.

Jumlah umpan sukses itu dicatatkan dari 341 aksi mengoper. Sehingga akurasinya mencapai 95,7%!

Meski catatan ini masih bisa berubah mengingat sejumlah grup belum memainkan laga terakhir fase ini, tapi secara realistis cukup sulit terjadi. Sebab, Kroos unggul jauh perihal oper-mengoper ini.

Peringkat 2-11 diisi pemain-pemain yang sudah bermain tiga kali (kombinasi pemain Jerman, Italia, dan Kroasia), alias tak bisa menambah jumlah operan di fase grup ini. Praktis pesaing terdekat yang bisa menyusulnya adalah bek Portugal Ruben Dias di posisi 12, yang ‘baru’ mencatatkan 173 umpan sukses.

Opta mencatat bahwa jumlah operan Kroos di fase grup Euro 2024 ini sudah melewati rekornya pada edisi 2016 dengan 323 umpan. Xavi jadi yang paling getol mengumpan pada Euro 2012 dengan 317 umpan.

(raw/adp)

Membagikan
Exit mobile version