Kamis, September 26


Jakarta

Kuliner khas Thailand banyak yang bercita rasa segar, seperti tom yum dan tom kha. Meski keduanya sama-sama jenis sup, tapi memiliki sejumlah perbedaan.

Kuliner Thailand memang kerap mencuri perhatian. Banyak kulinernya yang populer di negara lain, salah satunya sajian sup tom yum.

Tom yum disukai karena rasanya yang segar, ada campuran asam, gurih, dan pedasnya. Isian tom yum juga bervariasi, umumnya menggunakan seafood, seperti udang dan cumi-cumi.


Dilansir dari Tasting Table (18/9), ternyata sajian sup khas Thailand tak hanya tom yum saja, ada juga yang dinamakan tom kha. Sajian sup ini tentunya memiliki perbedaan dari tom yum, melihat warna kuahnya saja sudah dapat dipastikan.

perbedaan tom yum dan tom kha yang merupakan sup khas Thailand. Foto: Getty Images/iStockphoto

Jadi, seperti apa perbedaan tom yum dan tom kha?

Tom yum memiliki definisi sebagai makanan rebus yang meliputi bahan potongan protein, sayuran, dan bumbu aromatik dan berkaldu. Bumbunya kemerahan, karena menggunakan cabai halus di dalamnya.

Bumbu lainnya ada serai, lengkuas, daun jeruk, dan bawang merah. Tom yum juga ditambahkan air perasan jeruk nipis dan kecap ikan.

Cita rasanya hangat menyegarkan dengan sensasi asam yang nikmat. Sajian tom yum ini juga ada yang ditambahkan santan, jadi terasa creamy.

Tom kha jika diterjemahkan memiliki arti lengkuas rebus. Sajian ini juga terdiri atas beberapa bahan, seperti daging ayam dan jamur. Namun, bisa juga diganti menggunakan bakso ikan atau daging sapi.

perbedaan tom yum dan tom kha yang merupakan sup khas Thailand. Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk kuahnya, tom kha menggunakan bumbu utama berupa lengkuas. Racikan lainnya ada kemangi, daun serai, jeruk nipis, daun ketumbar, dan irisan cabai. Racikan sup ini juga dibuat dengan kaldu ayam dan santan.

Cita rasa dari tom kha berbeda dengan tom yum. Tom kha memiliki rasa yang lebih creamy, ada sensasi gurih, pedas, dan menyegarkan. Aromatik lengkuas juga lebih pekat.

Kedua sup khas Thailand ini memiliki sensasi yang menghangatkan tubuh. Kamu bisa menikmati tom yum dan tom kha bersama nasi atau bihun. Keduanya terasa lebih enak kalau disajikan panas.

(yms/adr)

Membagikan
Exit mobile version