Jumat, Oktober 18


Ha Long Bay

Sampah plastik menjadi musuh bebuyutan pantai, termasuk Ha Long Bay. Kecantikan Situs Warisan Dunia UNESCO kini ditutupi oleh sampah.

Dilansir dari Vietnam Express pada Minggu (24/3), banyak turis yang kecewa dan marah setelah berkunjung ke Ha Long Bay baru-baru ini. Sepanjang tur di Ha Long Bay-Lan Ha Bay, turis melihat banyak sampah terapung.

Patricia Mayerhofer, seorang turis Australia, mengatakan bahwa Ha Long Bay tak ubahnya lautan sampah. Dia diberitahu oleh operator tur bahwa sampah itu dibuang oleh masyarakat dari desa nelayan atau dibuang oleh wisatawan.


“Saya melihat Vietnam tidak perduli dengan masalah lingkungan hidup,” ucapnya.

Ged Kelly, seorang turis asal Inggris menceritakan pengalaman yang serupa saat liburan tanggal 4 Maret lalu. Ia bermain kayak selama 20 menit dan kaget dengan apa yang dilihatnya.

“Ada botol plastik, kaleng, sarung tangan, bahkan kursi kantor yang terhitung jumlahnya mengambang di atas air,” jelasnya.

Kelly mengatakan bahwa sampah plastik cenderung lebih banyak di kawasan Pulau Ha Long-Cat Ba, yang mana terkenal dengan wisata kapal pesiar dan aktivitas kayak. Pulau ini biasanya sangat ramai di bulan September hingga Mei.

Dewan pengelolaan Ha Long Bay mengatakan bahwa sampah mulau terlihat pada awal bulan Maret dan tersebar di Gua Trong Mai, Me Cung, Sung Sot dan Gua Luon.

Sejak akhir bulan Februari, petugas sanitasi telah mengumpulkan sampah dari pagi hingga jam 5 sore. Sampah yang yang terkumpul sekitar 10-12 blok per hari.

Pada awal bulan Maret, dewan pengelolaan mengerahkan hampir 20 kapal, perahu, dan feri untuk mengumpulkan sampah yang mengapung ke pantai untuk diproses.

Namun menurut Hoang Minh, pemilik kapal pesiar, mengatakan bahwa masalah sampah di Ha Long Bay dan Cat Ba telah berlangsung selama bertahun-tahun, meskipun sampah telah dilakukan.

Alex Brauwalder, turis Swiss mengatakan bahwa Ha Long Bay perlu penanganan khusus terhadap sampah-sampah itu.

“Jika tidak ada upaya serius, wisatawan internasional akan berpaling dari lokasi ini dalam beberapa tahun. Mari kita perhatikan masalah ini dari pada keuntungan jangka pendek,” ucapnya.

Brauwalder bahkan telah mengirimkan petisi ke UNESCO mengenai maslaah ini. Semoga Ha Long Bay kembali bersih, ya!

Simak Video “Baru Setahun Menjabat, Presiden Vietnam Mundur Buntut Dugaan Korupsi
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)

Membagikan
Exit mobile version