Minggu, Oktober 6

Jakarta

ByteDance selaku induk dari TikTok dilaporkan akan memangkas 450 orang di Indonesia untuk lini e-commerce mereka. Ini adalah PHK pertama sejak penggabungan TikTok Shop dengan Tokopedia pada Januari 2024. Apa kata Tokopedia mengenai kabar ini?

Diberitakan Bloomberg, Rabu (12/6/2024) pemangkasan ini setara dengan 9% dari total pegawai yang ada. Diketahui dari penggabungan Tokopedia dan TikTok Shop ada sekitar 5.000 orang pegawai.

Langkah ini akan diterapkan bulan ini juga menurut pihak terkait. Untuk jumlah pasti karyawan yang akan kena PHK masih dalam pembahasan lebih lanjut. Dilansir AASTOCKS, pemangkasan ini akan berdampak pada sejumlah divisi, antara lain iklan dan operasional. Hal itu bertujuan untuk mengurangi duplikasi fungsi agar perusahaan berjalan dengan lebih efektif.


Menanggapi kabar itu, Direktur Corporate Affairs Tokopedia dan Shop Tokopedia Nuraini Razak tidak membantahnya. Dikatakannya bahwa perusahaan melakukan beberapa hal dengan tujuan untuk memperkuat dan menyelaraskan perusahaan.

“Menyusul penggabungan TikTok dengan Tokopedia, kami telah mengidentifikasi beberapa area yang perlu diperkuat dalam organisasi dan menyelaraskan tim kami agar sesuai dengan tujuan perusahaan,” kata dia, Jumat (14/6/2024).

“Sebagai hasilnya, kami harus melakukan penyesuaian yang diperlukan pada struktur organisasi sebagai bagian dari strategi perusahaan agar dapat terus tumbuh. Kami berterima kasih kepada tim TikTok dan Tokopedia atas kontribusi dan komitmen mereka selama masa penggabungan dan kami akan terus berupaya untuk mendukung mereka dalam melewati masa transisi ini,” lanjutnya dalam keterangan yang diterima detikINET.

Namun tidak dijelaskannya berapa banyak jumlah karyawan yang terdampak dalam PHK ini. Seperti diberitakan CNBC, ByteDance mengakuisisi dari GoTo agar TikTok Shop pada Desember 2023 agar dapat beroperasi di Indonesia. TikTok kini memiliki 75,01% saham Tokopedia dan GoTo memiliki 24,99% saham.

Simak Video “Tokopedia: Kategori Groceries Paling Diincar Sepanjang Ramadan 2024
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version