Rabu, Oktober 16

Jakarta

Hewan memiliki berbagai indra luar biasa layaknya pahlawan super. Ilmuwan menemukan bahwa tokek memiliki ‘indra keenam’ tersembunyi yang memungkinkan mereka menangkap getaran dalam dan rendah.

Seperti hewan jenis kadal lainnya, tokek tokay (Gekko gecko) memiliki pendengaran yang khusus terhadap suara frekuensi tinggi. Mereka paling sensitif dengan frekuensi antara 1.600 hingga 2.000 Hertz, tetapi juga dapat mendengar lebih dari 5.000 Hertz.

Dua peneliti di University of Maryland di Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa tokek tokay juga dapat menggunakan struktur yang berbeda, yang biasanya tidak terkait dengan pendengaran, untuk merasakan getaran frekuensi yang jauh lebih rendah, dalam kisaran 50 hingga 200 Hertz.


Sakula adalah bagian dari telinga bagian dalam yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan melacak posisi kepala dan tubuh. Struktur ini ada pada ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia, tetapi hanya dua yang pertama yang diketahui menggunakannya untuk mendengar. Sekarang, tampaknya setidaknya beberapa reptil juga dapat menggunakannya.

“Telinga, sebagaimana yang kita ketahui, mendengar suara di udara,” jelas Catherine Carr, ahli biologi dan salah satu penulis studi baru tersebut, dikutip dari Science Alert.

“Namun, jalur internal kuno ini, yang biasanya dikaitkan dengan keseimbangan, membantu tokek mendeteksi getaran yang merambat melalui media seperti tanah atau air,” ujarnya.

Jalur ini ada pada amfibi dan ikan, dan kini terbukti juga ada pada kadal. Carr dan penulis pertama, ahli biologi Dawei Han, menyelidiki secara dekat otak tokek tokay, dan menemukan bahwa sakulus memiliki hubungan langsung dengan sekelompok neuron, yang disebut vestibularis ovalis (VeO), di otak belakang.

Neuron VeO ini tidak menerima masukan dari struktur telinga bagian dalam lainnya. Informasi kemudian diteruskan ke otak tengah pendengaran, tempat hewan akan merasakan getaran secara bersamaan dengan suara.

Untuk mengonfirmasi peran sakulus dalam pendengaran, para peneliti menggunakan elektroda tungsten untuk memantau bagaimana unit VeO merespons getaran melalui platform. Mereka perlahan-lahan menaikkan getaran dari 10 hingga 1.000 Hertz, dan menemukan bahwa neuron paling sensitif terhadap frekuensi antara 50 dan 200 Hertz, dengan puncak sekitar 100 Hertz.

Akhirnya, mereka memeriksa apakah unit VeO hanya ‘mendengar’ suara gemuruh yang dalam yang dihasilkan oleh perangkat getar melalui saluran pendengaran yang umum. Tim mengirimkan rangsangan suara ke telinga hewan, pada frekuensi yang sama tetapi volume yang lebih keras, dan tentu saja, mereka tidak mendeteksi respons apa pun dari unit VeO.

Hal ini menjadikan tokek tokay sebagai amniota pertama (klade yang mencakup semua reptil, burung, dan mamalia) yang diketahui menggunakan sakula untuk tujuan ini.

Meski demikian, mereka belum menemukan alasan perilaku yang jelas mengapa kadal ini memiliki reseptor getaran khusus di kepala mereka. Tokek tokay terkenal sebagai makhluk yang berisik, dan suara keras mereka berada di dalam rentang frekuensi pendengaran normal mereka. Namun, Han dan Carr berhipotesis bahwa mereka mungkin menggunakannya untuk mendeteksi gemuruh rendah dari angin, hujan, dan predator yang datang.

Dan mungkin hewan ini bukan satu-satunya. Survei sepintas mengungkap struktur yang mirip VeO pada beberapa spesies kadal dan ular lainnya, yang menunjukkan bahwa kekuatan super itu mungkin tersebar luas pada reptil. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal itu, kata tim tersebut.

Koneksi antara kantung dan otak belakang kita jauh lebih lemah, dan diperkirakan keduanya berperan utama dalam meredam suara yang dihasilkan sendiri dan melacak posisi kepala kita. Namun bagi reptil, indra keenam ini dapat membantu mereka dalam berbagai cara.

“Banyak ular dan kadal dianggap ‘bisu’ atau ‘tuli’ dalam artian mereka tidak mengeluarkan suara atau mendengar suara dengan baik,” kata Han.

“Namun ternyata mereka berpotensi berkomunikasi melalui sinyal getaran menggunakan jalur sensorik ini, yang benar-benar mengubah cara ilmuwan berpikir tentang persepsi hewan secara keseluruhan,” tutupnya.

(rns/afr)

Membagikan
Exit mobile version