Jumat, Juli 5

Jakarta

Rekapitulasi suara tingkat nasional untuk Pilpres 2024 telah selesai dilakukan pada Rabu (20/3/2024). Dari 38 provinsi di Indonesia, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 36 provinsi dengan perolehan 96 juta suara.

Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul di dua provinsi dengan perolehan 40 juta suara. Sementara paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md tidak unggul di provinsi manapun dengan perolehan 27 juta suara.

Dengan hasil tersebut, KPU RI pun menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024.


Diketahui, Prabowo Subianto menggelar acara buka bersama sambil memantau pengumuman hasil rekapitulasi KPU. Prabowo berkumpul dengan para ketua umum partai politik pengusung di kediamannya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Gibran yang tak ikut berkumpul bersama koalisinya di Jakarta mengatakan dirinya akan merangkul paslon no urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon no urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Gibran mengatakan semua paslon memiliki visi misi yang sama yakni untuk memajukan bangsa.

“Ya semua dirangkul, semua punya visi misi untuk memajukan bangsa, ya itu kalau mau dirangkul,” kata Gibran di Solo, Rabu (20/3/2024).

Saat ditanya apakah sudah ada pembicaraan mengenai hal tersebut, Gibran tidak menjawab dengan gamblang. Gibran mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti.

“(Sejauh ini pernah ada pembicaraan dengan paslon lain?) Ya nanti kami tindak lanjuti,” ujar Gibran.

Menjelang penetapan hasil rekapitulasi suara, paslon nomor urut 1 Anies-Cak Imin ngabuburit bersama dengan mengendarai motor vespa. Anies-Cak Imin berburu takjil di Pasar Takjil Bedungan Hilir, Jakarta Pusat.

Anies-Cak Imin tampak banyak menenteng jajanan hasil ‘war takjil’, istilah yang menggambarkan kesibukan jajan berburu takjil favorit jelang buka puasa.

“Ini ceker mercon, bubur padang, batagor, pisang ijo. Ini (paling dicari), ikan teri,” ungkap Cak Imin di Pasar Takjil Benhil, Rabu (20/3/2024).

Sempat khawatir karena berangkat ngabuburit terlalu sore, Anies mengaku telah berhasil memenangkan ‘war takjil’. Anies pun mengaku senang karena berhasil mendapatkan banyak jajanan.

“Alhamdulillah kita menang ‘war takjil’. Soalnya tadi dari berangkat sudah takut habis, udah sore. Pokoknya seneng, semua goreng-gorengan (favorit). Nah ini es buah, katanya enak banget,” kata Anies.

Setelah ‘war takjil’, keduanya berangkat ke kediaman Jusuf Kalla untuk berbuka puasa bersama di Jl Brawijaya Raya, Jakarta Selatan. Diketahui, Jusuf Kalla mengundang Anies, Cak Imin, dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk buka puasa bersama di kediamannya.

Di sisi lain, Paslon no urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md berkumpul di posko pemenangan, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat untuk buka puasa bersama dilanjutkan dengan nonton bareng pengumuman KPU.

Berdasarkan pantauan detikcom, Mahfud tiba terlebih dahulu pada pukul 17.42 WIB dengan setelan batik berwarna cokelat. Tak berselang lama, Ganjar Pranowo memasuki tempat acara buka puasa bersama pukul 18.10 WIB. Ganjar terlihat mengenakan kemeja berwarna hitam.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menyebut tim hukumnya telah melakukan persiapan untuk menghadapi sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita sudah siap, sudah nyiapin banyak hal, tim hukum kita juga sudah siap. Maka kita akan ikuti proses, insyaallah semua temen-temen sudah menyiapkan dengan baik,” ujar Ganjar di Posko Pemenangan Ganjar Mahfud, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakpus, Rabu (20/3/2024).

Setelah Prabowo-Gibran resmi dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2024, kira-kira apa langkah yang akan diambil oleh kompetitornya? Apakah hak angket akan digulirkan oleh PDIP? Pembahasan selengkapnya akan dikupas tuntas dalam program detik Pagi edisi Kamis (21/3/2024).

Nikmati terus menu sarapan informasi khas detik Pagi secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 08.00-11.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Tidak hanya menyimak, detikers juga bisa berbagi ide, cerita, hingga membagikan pertanyaan lewat kolom live chat.

“Detik Pagi, Jangan Tidur Lagi!”

(vrs/vrs)

Membagikan
Exit mobile version