
Jakarta –
Untuk merayakan hari ulang tahun ke-50, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar ragam kegiatan menarik dengan tajuk ‘Pesta Rakyat Nusantara’. TMII mematok target 200 pengunjung selama kegiatan berlangsung.
Gelaran tersebut dihelat pada 18 hingga 27 April 2025. Direktur Utama PT Bhiva (TMII), Intan Kartika, menargetkan kunjungan masyarakat selama ‘Pesta Rakyat Nusantara’ mencapai 200 ribu kunjungan.
Pengunjung bakal disuguhi dengan berbagai sajian menarik yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Mulai dari pagelaran 50 atraksi budaya Nusantara, kirab budaya Nusantara, pesta kuliner Nusatara hingga sajian musik dari musisi ternama Indonesia.
“Jadi kita target dari tanggal 18 April sampai dengan 27 April itu 200 pengunjung,” kata Intan dalam konferensi pers ‘Pesta Rakyat Nusantara’ di Jakarta, Kamis (10/4/2025).
Ia juga menyampaikan dalam upaya mencapai target kunjungan itu, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi.
“Kemudian ada juga promo diskon 50 persen, termasuk juga dengan mitra-mitra kita akan ada spesial harga, dan tentu saja ada Panggung Musik Nusantara,” ia menambahkan.
Dengan target yang ditetapkan tersebut, Intan juga tak luput untuk melakukan langkah antisipasi saat terjadi penumpukan pengunjung. Crowd management telah pihaknya persiapkan agar kenyamanan pengunjung di TMII tidak terganggu dan bisa menikmati suasana di sana dengan gembira.
“Jadi kalau untuk crowd control sekarang ini memang sudah berjalan, nantinya akan ada penambahan petugas. Jadi dari sisi operasional kita akan kerja sama tentu saja dengan kepolisian dan juga pemerintah, kita juga menambah tim security dan kita juga akan bekerja sama dengan misalnya pramuka di sekitar TMII untuk membantu proses crowd control dan juga flow pengunjung,” kata Intan.
Sebagai salah satu bagian dari InJourney Destination Management (IDM), TMII yang telah menginjak tahun emas ini diharapkan mampu memberikan dampak yang baik serta luas bagi masyarakat. Dengan re-branding yang telah dilakukan, TMII diharapkan mampu jadi pilihan wisata utama masyarakat jika berada di Jakarta dan ingin mengenal Indonesia lebih dalam lagi.
Direktur Utama IDM, Febrina Intan, mengatakan TMII harus menjadi pilihan wisata utama di Jakarta dan juga menjadi pelecut generasi muda untuk lebih mencintai Indonesia.
“Jadi mindset inilah yang harus kita tekankan bahwa Taman Mini Indonesia Indah not only just showcase, tapi juga the gateway of Indonesian destination. Jadi orang juga kalau mikir ke Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah harus jadi top of mind,” ujar Febrina.
(upd/fem)